1. Diagram di bawah ini menunjukkan data penjualan beberapa jenis televisi di Toko Elektronik Wawan Jaya Makmur pada bulan

assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh selamat datang serta didik sekalian selamat datang di blog saya buat ini dimana blog yang kami buat ini berkaitan dengan dunia pendidikan yang mana blog yang kami buat ini akan khusus membahas tentang dunia pendidikan seperti contohnya mengenai pembahasan kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran yang salah satunya yang kita bahas kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8 smp.

1. Diagram di bawah ini menunjukkan data penjualan beberapa jenis televisi di Toko Elektronik Wawan Jaya Makmur pada bulan a. Pada bulan tersebut, TV merk apa yang terjual paling banyak dan paling sedikit?  b. Berapa total TV yang terjual pada toko tersebut berdasarkan diagram di atas?

banyak sekali para peserta didik sekalian mencari pembahasan kunci jawaban mengenai pembahasan dari soal-soal yang mereka kerjakan saat ini namun perlu adik-adikku ketahui bahwasannya sedikit sekali pembahasan mengenai kunci jawaban yang tepat dan benar di mana di ibu guru banyak sekali penguasaan yang kurang tepat namun di sini kagak ingin mengirimkan bahasanya yang kakak bukan yang ini dapat dipertanggungjawabkan.

 Baca juga:

Baca juga:

Pembahasan soal Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1 Bab 9 Hal 231 Semester 2

pembahasan matematika yang kakak buat ini, kakak sengaja membuat pembahasan ini karena memang tujuannya agar peserta didik dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan kakak berharap peserta didik memperoleh nilai yang memuaskan dan kakak berharap adik – adik dapat memperoleh nilai yang memuaskan. Tugas sangatlah perlu di kerjakan, karena memang tugas merupakan bagian dari pembelajaran yang tujuannya supaya guru dapat mengetahui apakah peserta didik yang ia ajarkan telah memahami apa yang telah disampaikan oleh guru.

1. Diagram di bawah ini menunjukkan data penjualan beberapa jenis televisi di Toko Elektronik Wawan Jaya Makmur pada bulan a. Pada bulan tersebut, TV merk apa yang terjual paling banyak dan paling sedikit?  b. Berapa total TV yang terjual pada toko tersebut berdasarkan diagram di atas?

Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
pembahasan di atas sengaja kami berikan kepada adik adik siapa tau adik adik membutuhkan jawaban dari pelajaran yang lainya, dan kami harap adik adik bisa menyelesaikan semua tugas yang di berikan oleh guru kepada adik adik sekalaian, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang mengerjakan tugas yang sama iya

Ayo Kita Berlatih 9.1 

1. Diagram di bawah ini menunjukkan data penjualan beberapa jenis televisi di Toko Elektronik Wawan Jaya Makmur pada bulan Januari.  

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1 halaman 231 Bab 9

a. Pada bulan tersebut, TV merk apa yang terjual paling banyak dan paling sedikit?

b. Berapa total TV yang terjual pada toko tersebut berdasarkan diagram di atas?

Kunci Jawaban

1. a. Merek TV yang paling banyak terjual adalah merek TV D, sebanyak 22 TV

Merek TV yang paling sedikit terjual adalah merek TV A dan E, sebanyak 12 TV

b. Total jumlah TV yang terjual = TV A + TV B + TV C + TV D + TV E + TV F + TV G

Total jumlah TV yang terjual = 12 TV + 20 TV + 16 TV + 22 TV + 12 TV + 18 TV + 14 TV = 114 TV 

2. Diagram di bawah ini menunjukkan data banyaknya siswa kelas IX SMP Ceria pada tahun 2007 sampai tahun 2013.

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1 halaman 231 Bab 9

Banyaknya siswa perempuan kelas IX pada tahun 2007 adalah sebanyak 55% dari total siswa pada tahun tersebut. Banyaknya siswa perempuan kelas IX pada tahun 2012 adalah sebanyak 40% dari total siswa pada tahun tersebut. Apakah dapat disimpulkan bahwa banyak siswa perempuan pada tahun 2007 lebih banyak dibandingkan pada tahun 2012? Jelaskan jawabanmu.

Kunci Jawaban

2. Tidak benar bahwa banyak siswa perempuan kelas IX di SMP Ceria pada tahun 2007 lebih banyak dari tahun 2012. Banyak siswa perempuan kelas IX di tahun 2007 adalah 55 siswa dan tahun 2012 sebanyak 64 siswa. Jadi, banyak siswa perempuan kelas IX di SMP Ceria tahun 2012 lebih banyak daripada tahun 2007.

3. Diagram lingkaran di samping menunjukkan file yang terdapat di dalam flashdisk milik Reta yang berkapasitas 4 GB (setara dengan 4.000 MB). Flashdisk tersebut diisi dengan file musik, foto, data buku ajar matematika, dan data lainnya.

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1 halaman 231 Bab 9

a. Jika Reta ingin menambahkan file data buku ajar baru yang berkapasitas 750 MB, apakah kapasitas flashdisk milik Reta masih mencukupi? Jelaskan.

b. Jika Reta tidak ingin menghapus file foto, file data buku ajar, dan file data lainnya di flashdisknya, berapa persen dari keseluruhan file musik yang harus dihapus agar data buku ajar baru dapat ditambahkan ke dalam flashdisk? 

Kunci Jawaban

3. a. Flashdisk Reta tidak cukup apabila diisi dengan file baru berkapasitas 750 MB. Perhatikan bahwa kapasitas flashdisk yang tersedia hanya 10% atau 400 MB, sehingga tidak dapat mencukupi file yang akan diisikan.

b. File musik yang harus dihapus supaya mencukupi file baru adalah 50% dari file musik.

4. Tabel di samping menunjukkan album-album pada file Musik di dalam flashdisk milik Reta.

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1 halaman 231 Bab 9

Dia ingin menambahkan file data buku ajar baru yang berkapasitas 750 MB tersebut, akan tetapi dia hanya ingin menghapus beberapa file Musik miliknya dengan syarat maksimal 3 album pada file Musik miliknya yang dihapus. Apakah mungkin bagi Reta untuk memasukkan file data buku ajar baru ke dalam flashdisk nya? Jelaskan jawabanmu.

Kunci Jawaban

4. Hal ini mungkin bagi Reta untuk menghapus tiga album supaya file buku ajar baru dapat disimpan dalam flashdiknya. Album yang dihapus adalah album yang berukuran besar, yaitu Album C, E dan F, sehingga besar file yang terbuang adalah 372 MB. Dari penghapusan itu didapat file kosong sebesar 772 MB dan ini cukup untuk file buku ajar baru yang besarnya 750 MB.

5. Sains. Data panjang kecambah dalam kondisi lingkungan yang gelap dan terang selama tujuh hari disajikan dalam grafik berikut. a. Kapan selisih panjang kecambah yang diletakkan di tempat gelap dan terang menjadi 7,6? Bagaimana kalian menentukannya?

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1 halaman 231 Bab 9

b. Jika kalian ingin menanam kecambah, manakah yang akan kalian pilih, menanam kecambah di tempat yang gelap dengan pertumbuhan yang cepat, atau di tempat terang dengan pertumbuhan yang lambat? Jelaskan jawaban kalian.

Kunci Jawaban

5. a. Pada hari ke 5, yaitu dengan cara mencari selisih panjang kecambah untuk masing-masing hari, yaitu 

selisih pada hari ke 1 = 1,2 – 1,1 = 0,1

selisih pada hari ke 2 = 7,7 – 5,4 = 2,3

selisih pada hari ke 3 = 13,1 – 8 = 5,1

selisih pada hari ke 4 = 15,8 – 9,5 = 6,3

selisih pada hari ke 5 = 18,1 – 10,5 = 7,6

selisih pada hari ke 6 = 20,6 – 11,7 = 8,9

selisih pada hari ke 7 =  23 – 12,9 = 10,1

Rangkuman Matematika kelas 8 ayo berlatih 9.1 bab 9

b. menanam di tempat yang terang dengan sinar matahari yang cukup. (Perlu dijelaskan hal ini berkaitan dengan materi pada mata pelajaran IPA. Sehingga, siswa akan memahami mengapa pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih cepat tumbuh daripada pertumbuhan kecambah di tempat terang).    Sekian soal dan jawaban ayo kita berlatih 9.1 matematika kelas 8 semester 2 hal 231 bab 9 statistika yang telah kami catat pada postingan kali ini. Jika menemukan jawaban yang menurut Anda kurang pas Anda dapat mengkritik atau memberi saran melalui kontak di blog ini. Semoga soal dan jawaban mengenai statistika ini dapat membantu Anda dal

am belajar. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 223  Statistika  Bab  9  Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu  keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan  bisnis aktual. Persoalan ini umumnya menyangkut analisis kejadian masa  depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan  dengan besar pembayaran pada masa depan dan kapan pembayaran  dilakukan pada waktu yang tidak pasti. Secara umum, aktuaris bekerja  di bidang konsultasi, perusahaan asuransi jiwa, pensiun, dan investasi.  Aktuaris juga sedang merambah di bidang-bidang lainnya, di mana  kemampuan analitis diperlukan. Pada umumnya aktuaris di Indonesia  memiliki latar belakang pendidikan dari FMIPA Matematika ataupun  Statis

tika. Namun ada sedikit aktuaris yang berasal dari disiplin lain.  Aktuaris di Indonesia banyak bekerja di perusahaan asuransi jiwa,  sedangkan sisanya bekerja di dana pensiun, konsultan aktuaria, dan saat  ini merambah ke dunia investasi. Nah, sekarang kalian sudah tidak ragu  lagi belajar matematika dan statistika, kan? Tertarik untuk mempelajari  statistika? Yuk, ikuti kegiatan mengenai statistika dan penerapannya di  bab ini.  Sumber: www.finance.detik.com 224 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median,  dan modus dari sebaran data untuk mengambil simpulan, membuat  keputusan, dan membuat prediksi. 4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk  mengambil simpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.  K D    ompetensi asar  1. Menganalisis data dari distribusi data yang diberikan. 2. Menentukan nilai rata-rata, median, modus dari sebaran data. 3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rata-rata,  median, modus dari sebaran data  P B   engalaman elajar  • Rata-rata • Median • Modus • Kuartil • Jangkauan P K   eta onsep  Statistika  Pengukuran  Data  Ukuran  Penyebaran  Data  • Jangkauan • Kuartil • Jangkauan Interkuartil • Simpangan Kuartil  •

Mean • Median • Modus  Ukuran  Pemusatan  Data Genichi Taguchi (1924 – 2012)  Dr. Genichi Taguchi  (1 Januari 1924 – 2 Juni 2012) Pada 2012 lalu dunia berduka karena kehilangan  seorang insinyur dan ahli statistik terbaik di  Jepang, Genichi Taguchi. Jika kalian merasa  begitu asing dengan tokoh ini, lihatlah kembali  mobil dan barang-barang elektronik yang kalian  punya di rumah. Mengapa hampir semuanya  berlabel ‘Made in Japan’? Salah satu alasannya  adalah, sejak tahun 1970-an, produk Jepang  terkenal karena kualitas, ketahanan, keandalan  dan harganya yang terjangkau dibandingkan  produk Amerika atau Eropa. Alasannya?  Perusahaan manufaktur Jepang selalu  mendengar apa kata Taguchi.  Genichi Taguchi adalah seorang insinyur dan ahli statistik. Ia memiliki  latar belakang ilmu teknik dan juga mendalami statistika serta matematika  tingkat lanjut, sehingga ia dapat menggabungkan teknik statistika dan  pengetahuan keteknikan. Taguchi telah membuat kontribusi yang sangat  berpengaruh untuk statistik industri. Metode yang ia cetuskan merupakan  metodologi baru dalam bidang teknik yang bertujuan untuk memperbaiki  kualitas produk dan proses serta dapat menekan biaya dan bahan baku  seminimal mungkin. Metode Taguchi banyak diterapkan di pabrik-pabrik

  di Jepang oleh para teknisi untuk memperbaiki proses dan produk. Pesan moral yang dapat kita ambil dari kontribusi Taguchi antara lain: 1. Selalu menjaga kualitas proses dan hasil kerja keras kita, baik dalam  belajar maupun bekerja. Hal ini berarti, kualitas hasil belajar akan  menjadi baik apabila kualitas proses belajar terjaga dengan baik.  Dengan belajar statistika, kita bisa melihat hasil belajar kita ada  kemajuan atau tidak, sehingga kita bisa mengontrol dan memperbaiki  proses belajar. 2. Kita harus bersikap jujur, karena kejujuran dapat membuat diri kita  menjadi pribadi yang berkualitas. Kitapun akan menjadi orang yang  dipercaya. Hal inilah yang dapat diambil dari statistika. Dengan  statistika, kita belajar menjadi manusia yang jujur dan, bicara sesuai  dengan data dan fakta. K egiatan 9.1 Menganalisis Data Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai penerpan statistika  dalam beberapa aspek kehidupan. Pengumpulan data tentang minat siswa  dalam pemilihan bakat minat, ukuran sepatu, atau bahasa serta data tentang  kepadatan penduduk dapat disajikan dengan mudah menggunakan ilmu  statistika. Dengan statistika, data-data yang diperoleh itu dapat disajikan  dalam tabel atau diagram sehingga mempermudah menganalisisnya.  Pada kegiatan i

i kalian akan mempelajari cara menganalisis, membaca, dan  memprediksi berdasarkan data dari tabel atau diagram.  Ayo Kita Amati Dari diagram batang di bawah dapat dilihat bahwa hasil perikanan terendah  dicapai pada tahun 2004 yaitu sebanyak 2.000 ton. Sebaliknya hasil perikanan  tertinggi dicapai pada tahun 2007 yaitu sebanyak 5.000 ton. Kenaikan tertinggi  dicapai pada tahun 2006-2007 yaitu mencapai 2.500 ton.  0  1  2  3  4  5  6  2003 2004 2005 2006 2007 2008  Jumlah (ribuan ton)  Tahun  Jumlah Hasil Tangkapan  Gambar 9.1 Diagram batang hasil perikanan tahun 2003 – 2008   228 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  Bagaimana kita membaca data dalam grafik? Perhatikan gambar diagram garis yang terdapat di Puskesmas Desa Suka  Makmur berikut ini.  7  10  13  17  20  22  24 25  0  5  10  15  20  25  30  2001 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008  Banyak Bayi Lahir  Tahun Gambar 9.2 Diagram garis jumlah kelahiran tiap tahun di Desa Suka Makmur Diagram di atas menunjukkan bahwa pada tahun 2001 terdapat 7 kelahiran,  tahun 2002 sebanyak 10 kelahiran, dan seterusnya.Temukan juga keterangan- keterangan lain yang dapat kalian peroleh dari diagram di atas. a. Tentukan banyak kelahiran pada tahun 2003, 2004, dan seterusnya. b. Pada tahun berapak

ah jumlah kelahiran paling tinggi? Pada tahun  berapakah jumlah kelahiran paling rendah? c. Berdasarkan grafik tersebut, perkirakan dan jelaskan banyak kelahiran  pada tahun 2005. d. Apa pendapat kalian tentang program Keluarga Berencana di desa  tersebut? e. Pada tahun 2008 terdapat 25 kelahiran. Dapatkah kita simpulkan bahwa  pada tahun 2008 penduduk Desa Suka Makmur bertambah 25 orang  dibandingkan tahun 2007? Ayo Kita Mencoba Diberikan hasil produksi padi tiap tahun pada Desa Suka Makmur dari tahun  2008 sampai dengan 2015 sebagai berikut.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 229  Tabel 9.1 Hasil produksi padi Desa Suka Makmur tahun 2001-2008 Tahun 2001 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008 Hasil  (ton) 250 285 310 340 380 225 290 420 a. Buatlah beberapa simpulan dari data pada tabel di atas. b. Pada tahun berapakah hasil produksi padi tertinggi? c. Berikan tafsiran yang dapat diperoleh dari diagram garis tersebut. d. Perkirakan produksi padi pada tahun 2010. e. Menurutmu, apa yang terjadi pada tahun 2006 sehingga produksi menurun  secara drastis? f. Buatlah suatu pertanyaan berdasarkan tabel data tersebut.  Ayo Kita Menalar Gr

afik di bawah ini menyajikan penggunaan bahan bakar terhadap waktu  (dalam jam) pada perjalanan sebuah mobil dari kota M ke kota N. Gunakan  informasi pada grafik di bawah ini untuk menjawab pertanyaan. Liter  4 5 6 7 8 9 10 11 12 13  20  60  40  80  Waktu (Jam)  B  A  C  D  E  F  G  Gambar 9.3 Sajian data penggunaan bahan bakar terhadap waktu   230 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  1. Berapa liter bahan bakar yang dihabiskan dalam perjalanan: a. dari titik A ke titik B? b. dari titik C ke titik D? c. dari titik D ke titik E? d. dari titik E ke titik F? e. dari titik F ke titik G? 2. a. Berapa liter bahan bakar total yang dihabiskan dalam perjalanan  tersebut? b. Berapa lama perjalanan dari kota M ke kota N? 3. Coba perhatikan kembali grafik di atas secara baik. a. Berapa banyak bahan bakar yang dihabiskan dari titik B ke titik C? b. Menurutmu apa yang kira-kira terjadi pada perjalanan dari titik B ke  titik C? Jelaskan jawabanmu. c. Menurut analisismu, kejadian apa yang terjadi pada titik D? Jelaskan  jawabanmu.  Ayo Kita Berbagi Sajikan hasil penalaran kalian di depan kelas. Periksa dan silakan saling  memberi komentar secara santun pendapat teman di kelas. 

kembali bersama gemuruh cinta yang membangunkan sejuta rajawali Tak mengelak dalam bercumbu, biar di ranjang bara membatu Tak berdalih pada kekasih, biar berbisa perih di rabu Berlapis cemas menggunung sesal mutiara matanya tak pudar Bagi negeriku, bermimpi di bawah bayangan burung garuda (1979)   108  Kelas VIII SMP/MTs   Dalam puisi ” Ode buat Proklamator” diungkapkan rasa kagum penyair  kepada sang proklamator. Ungkapan-ungkapan itu sangat mengena. Kerinduan  penyair untuk mendengarkan bara semangat yang biasa diungkapkan melalui  pidato-pidato yang berapi-api, dapat kamu hayati pada larik-larik terakhirny

a. c. Puisi Deskriptif  Dalam jenis puisi ini, penyair bertindak sebagai pemberi kesan terhadap  keadaan/peristiwa, benda, atau suasana yang dipandang menarik perhatiannya.  Puisi yang termasuk ke dalam jenis puisi deskriptif, misaInya satire dan puisi  yang bersifat kritik sosial. 1) Satire adalah puisi yang mengungkapkan perasaan tidak puas penyair  terhadap suatu keadaan, namun dengan cara menyindir atau menyatakan  keadaan sebaliknya. 2) Puisi kritik sosial adalah puisi yang juga menyatakan ketidaksenangan  penyair terhadap keadaan atau terhadap diri seseorang, namun dengan cara  membeberkan kepincangan atau ketidakberesan keadaan/ orang tersebut.  Kesan penyair juga dapat kita hayati dalam puisi-puisi impresionistik yang  mengungkapkan kesan (impresi) penyair terhadap suatu ha

l.  Kegiatan 4.4 1. Berdasarkan cara pengungkapannya, termasuk ke dalam jenis apakah puisi- puisi di bawah ini? 2. Sajikanlah pendapat-pendapatmu itu ke dalam format laporan seperti  berikut. Buatlah laporan dalam kertas manila, postit, dan kertas sejenis  lainnya. Kerjakanlah bersama kelompokmu! Puisi Jenis Alasan  I  II II   109  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia  3. Pajang atau tempelkanlah laporan kelompokmu itu di papan tulis atau di  dinding kelas dengan perekat yang tidak mengotorinya. 4. Mintalah kelompok lain untuk mengunjungi pajangan kelompokmu itu untuk  memberikan tanggapan/penilaian dengan membubuhkannya langsung. 5. Rumuskanlah simpulan kelas tentang jenis-jenis dari ketiga puisi itu  berdasarkan kesepahaman pendapat dari setiap kelompok. Puisi I Peristiwa Pagi tadi Pagi tadi seorang sopir oplet bercerita kepada tukang warung tentang lelaki  yang terlanggar motor waktu menyeberang. Siang tadi pesuruh kantor bercerita kepada tukang warung tentang sahabatmu  yang terlanggar motor waktu menyeberang, membentur aspal, lalu beramai- ra

mai diangkat ke tepi jalan. Sore tadi tukang warung bercerita kepadamu tentang aku yang terlanggar  motor waktu menyeberang, membentur aspal, lalu diangkat beramai-ramai  ke tepi jalan dan menunggu setengah jam sebelum dijemput ambulans dan  meninggal sesampai di rumah sakit. Malam ini kau ingin sekali bercerita padaku tentang peristiwa itu. Sapardi Djoko Damono, 1983   110  Kelas VIII SMP/MTs  Puisi 2  Tengadah ke Bintang-bintang Berilah hamba kearifan 0, Tuhan! Seperti sebuah teropong bintang: Tinggi mengatas galaksi. Rendah hati di atas bumi. Bukanlah manfaat pengetahuan Penggali hakikat kehidupan Lewat mikroskop Lewat teleskop Bimbinglah si goblok dalam menemukan Sebuah ujud maknawi Dalam kenisbian sekarang (Dr. Ir. Jujun S. Surjasumantri, 1970)  Puisi 3  Peninjauan Nuklir Kalau engkau ada waktu, cobalah tinjau hatiku Akan kutunjukkan padang-padang cinta di sana Telah menjadi daerah terlarang Tempat roket dan peluru kendali diuji coba Dunia

 telah mengajariku mempertahankan diri Dengan bom hidrogen, berbagai radar dan amunisi Petani-petani yang miskin semakin tersingkir di sana Nelayan-nelayan sakit, keracunan lautnya Burung-burung satu per satu meledak di udara Di hatiku air jadi mahal, cinta harus diimpor   111  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia  Perundingan macet dan kemarau terlalu panjang Sekarang coba proles lancarkan boikol dan sangsi Mogoklah makan, pasang topeng tengkorak, hapalkan yel-yel Lalu sambil bergandeng tangan, masuklah ke hatiku Selagi pintunya terbuka. Nyanyikan lagu apa saja Siapa tahu ladang dan kotaku kembali berbunga Anak-anak menari dan  pelangi ikut menyala Membakar segala benci dan dendam curiga (Eka Budijanta, 1983)     C. Memilah Unsur-unsur P

embangun Puisi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : Menelaah unsur- unsur pembangunan dari puisi yang dibaca atau diperdengarkan.  Unsur-unsur puisi meliputi majas, irama, kata-kata konotasi, dan kata-kata  berlambang. Unsur tersebut berfungsi sebagai unsur fisik puisi, yakni unsur  yang dapat dikenali langsung oleh pembaca karena sifatnya tersurat. Di samping  itu, ada pula unsur batin, yakni unsur yang tersembunyi di balik unsur-unsur  fisik. Untuk menemukannya, kamu harus memahami puisi itu dengan baik.  Dengan cara demikian, akan tersingkap unsur batin, yang di dalamnya meliputi  tema, amanat, perasaan penyair, dan nada atau sikap penyair terhadap pembaca.   Tema adalah pokok persoalan yang akan diungkapkan oleh penyair. Pokok  persoalan atau pokok pikiran itu kuat mendesak dalam jiwa penyair sehingga  menjadi landasan utama dalam puisinya. Jika desakan yang kuat itu berupa  hubungan penyair dengan Tuhan, maka puisinya tersebut bertema ketuhanan.  Jika desakan yang kuat itu berupa rasa belas kasih atau kemanusiaan, puisi yang  akan terlahir adalah puisi bertema kemanusiaan. Jika yang kuat adalah dorongan  untuk memprotes ketidakadilan, tema puisinya adalah protes atau kritik sosial.  Perasaan cinta atau patah 

hati yang kuat juga dapat melahirkan tema cinta atau  tema kedukaan hati karena cinta. Tema tersirat dalam keseluruhan isi puisi.  Persoalan-persoalan yang diungkapkannya merupakan penggambaran suasana  batin penyair. Tema tersebut bisa pula berupa perasaan penyair terhadap  kenyataan sosial budaya sekitarnya. Dalam hal ini puisi berperan sebagai sarana  protes atau pun sebagai ungkapan simpati dan keprihatinan penyair terhadap  lingkungan dan masyarakatnya.   112  Kelas VIII SMP/MTs   Perhatikan kembali puisi ”Gadis Peminta-minta”. Tema kemanusiaan  melingkup puisi tersebut. Penyair dalam puisinya bermaksud menunjukkan betapa  tingginya martabat manusia dan bermaksud meyakinkan pembacanya bahwa  setiap manusia memiliki martabat yang sama. Perbedaan kekayaan, pangkat, dan  kedudukan seseorang, tidak boleh menjadi sebab adanya pembedaan perlakuan  terhadap seseorang. Seperti dalam puisi tersebut, penyair bersikap membela  martabat keman

usiaan gadis peminta-minta yang disebutnya sebagai gadis kecil  berkaleng kecil.  Sebagian besar orang boleh menganggap bahwa pengemis kecil yang meminta- minta di pinggir jalan sebagai sampah masyarakat, sebagai manusia yang tidak  berharga. Akan tetapi, penyair mengatakan dengan tegas bahwa martabat gadis  peminta-minta itu sama derajatnya dengan martabat manusia yang lain. Kegiatan 4.5 A. 1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta”?  Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?  2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu?  Jelaskanlah! B. 1. Bacalah pula puisi berikut!    Sajak  oleh Sanusi Pane Di mana harga karangan sajak, Bukan dalam maksud isinya; Dalam bentuk, kata nan rancak, Dicari timbang dengan pilihnya Tanya pertama keluar di hati, Setelah sajak dibaca tamat,

 Sehingga mana tersebut sakti, Mengikat diri di dalam hikmat. Rasa bujangga waktu menyusun, Kata yang datang berduyun-duyun Dari dalam, bukan nan dicari. Harus kembali dalam pembaca, Sebagai bayang di muka kaca. Harus bergoncang hati nurani.   113  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia  2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!  a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?  b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin  disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?  d. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani  pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan  alasan-alasannya!  e. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam  puisinya itu? Jelaskan secara naratif!  Jendela Sastra  Makna Denotasi dan Konotasi  Pembagian kedua jenis makna itu didasarkan ada dan tidaknya penambahan  pada makna dasar suatu kata berdasarkan pikiran, kesan, atau tanggapan  pembicara atau penulisnya. a. Makna denotasi adalah makna yang tidak mengalami perubahan apapun  da

ri makna asalnya. b. Makna konotasi adalah makna yang telah mengalami penambahan atau  pergeseran dari makna asalnya. Ada tidaknya makna konotasi pada suatu  kata dapat diketahui setelah kata itu digunakan dalam kalimat.  Perhatikan tabel berikut! Jenis Makna Contoh Kata Makna denotasi 1. ibu guru  2. ibunya Amir  1. perempuan yang  pekerjaannya  mengajar. 2. perempuan yang  melahirkan Amir  konotasi 3. ibu kota 4. ibu jari  3. pusat pemerintahan 4. jari yang paling  besar, jempol   114  Kelas VIII SMP/MTs  Perhatikan contoh penggunaan kata dalam puisi di bawah ini! Doa kepada pemeluk teguh Tuhanku Dalam termangu Aku masih menyebut nama-Mu Biar susah sungguh Mengingat Kau penuh seluruh Caya-Mu panas suci Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi Tuhanku Aku hilang bentuk remuk Tuhanku Aku mengembara di negeri asing Tuhanku di pintu-Mu akan mengetuk ak

u tidak bisa berpaling (Chairil Anwar)  Makna denotasi dan konotasi dari beberapa kata dalam puisi ”Doa” dapat  dijelaskan sebagai berikut. Kata Makna Denotasi Makna Konotasi termangu terdiam kekosongan jiwa menyebut berucap berzikir kerilip lilin cahaya lilin kesadaran yang tinggal sedikit hilang bentuk musnah, lenyap bhilang kepercayaan diri,   imbang remuk hancur frustasi mengetuk bmemukul sesuatu dengan   uku jari mengharapkan pertolongan berpaling amelihat ke samping (ke   rah lain) lupa, mungkar   115  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia  D. Mari Berpuisi dengan Indah Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : Menyajikan  gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk puisi dengan memperhatikan  unsur-unsur pembangun puisi dengan tepat. 1. Menulis Puisi  Kamu telah mendengarkan dan membaca banyak puisi. Tentu kamu juga  tertarik untuk belajar menulis puisi, bukan? Menulis puisi haruslah berawal dari  sebuah gagasan atau perasaan. Untuk memunculkan gagasan itu, kamu dapat  mencari-carinya dari 

perjalanan hidupmu ataupun sesuatu yang tengah terasa  atau terpikirkan. Gagasan tersebut dapat kamu ekspresikan dengan kata-kata  terpilih: yang indah dan penuh makna.  Tentukanlah gagasan paling menarik yang bisa ditulis jadi puisi. Galilah  gagasan-gagasan itu. Tuliskan gagasan-gagasan tersebut ke dalam larik-larik  dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan padat. Perluas pembendaharaan  kosakatamu sehingga bisa menciptakan puisi dengan bahasa indah, jelas, dan  padat makna. Bacalah buku, e-book, internet, atau sumber-sumber lainnya. Buku- buku tersebut bisa menjadi inspirasimu.  Kosakata tersebut tentu mengandung mengandung makna yang tidak  sebenarnya (makna konotasi). Kosakata dalam puisi berbeda dengan kata-kata  yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata dalam puisi  singkat, tetapi kaya makna. Struktur katanya pun sering kali 

mengabaikan kaidah- kaidah kebahasaan seperti yang berlaku pada jenis teks lainnya. Perhatikan puisi berikut!   116  Kelas VIII SMP/MTs   Asaku Berlari Ku tembus duri Bersama ceritaku yang tak bertajuk Kemarin…. Kugapai kau Dalam redup senja Bersama resahku yang tak berarah Kini… Ku peluk kau Dalam rangkaian matahari, bintang, dan bulanku Bersama nyanyian rinduku Esok Ku sematkan kau Dalam degup jantungku… Dalam denyut nadiku… lalu… Ku ajak kau terbang Menuju indah dunia kita Selamanya…  Wahyuningsih (www.puisikita.com)   Puisi itu berisi luapan resah yang tak berarah. Ungkapan perasaan yang  sering dialami para remaja. Ungkapan bahasa romantis dan berlebih-lebihan.  Kata-katanya menggambarkan suasana hati dan keadaan jiwa yang penuh gairah  dan semangat yang membumbung. Namun, kadang perasaan dipenuhi pula oleh  isak tangis dan rin

tihan yang bersifat sentimental. Puisi itu mengungkapkan  nilai-nilai cinta, kasih sayang, dan keindahan dunia yang penuh pesona.  Ada pula kepolosan dan kesederhanaan di dalamnya. Di dalamnya bercerita  tentang harapan-harapan besar. Segalanya serbaindah. Namun, apabila tidak  menjadi kenyataan, harapan-harapan itu berubah menjadi keputusasaan dan  ratapan.   117  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia   Pilihlah kata-kata yang memiliki makna kias atau konotatif yang bisa menjadi  simbol atau lambang dari hal-hal yang diceritakan dalam puisi tersebut. Tak  masalah apabila sering mengganti kata-kata dalam puisimu. Hal itu biasa

You May Also Like