1. Di antara faktor yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke18 adalah …a. tidak adanya misi Islam

Hallo temen temen pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang membahas mengenai kunci jawaban IPA kelas 11, yang mana pembahasan ini kami ambil karena kami melihat banyak sekali temen yang sedang mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru temen temen.

1. Di antara faktor yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke18 adalah ...  a. tidak adanya misi Islam  b. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam  c. kekuatan Islam yang semakin meningkat  d. kekuatan Eropa sudah mulai melemah  e. lemahnya umat Islam dalam beribadah

Seperti pembahasan kami sebelunya kami juga menyarankan adik adik untuk selau mengerjakan tugas dengan mandiri tanpa bantuan orang lain, halini supaya adik adik dapat melatih sikap disiplin, bekerja keras, dan bertanggung jawab.

  1. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 14 15 evaluasi bab 1 pilihan ganda dan esai
  2. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 30 31 evaluasi bab 2 pilihan ganda dan esai
  3. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
  4. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 64 65 evaluasi bab 4 pilihan ganda dan esai
  5. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 79 80 evaluasi bab 5 pilihan ganda dan esai
  6. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 103 104 105 evaluasi bab 6 pilihan ganda dan esai
  7. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 120 121 evaluasi bab 7 pilihan ganda dan esai
  8. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 137 138 evaluasi bab 8 pilihan ganda dan esai
  9. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 160 161 evaluasi bab 9 pilihan ganda dan esai
  10. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 180 181 evaluasi bab 10 pilihan ganda dan esai
  11. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 197 198 evaluasi bab 11 pilihan ganda dan esai

Kami juga membahas mengenai kunci jawaban dari pelajaran yang lainya yang mungkin di butuhkan temen temen, yang pembahasan yang kami buat ini masih berkaitan dengan pelajaran kelas 11 ini, jadi jika temen temen ingin menyelesaikan tugas yang lainya silahkan klik tulisan dibawah

  1. Kunci jawaban PAI kelas 11
  2. Kunci jawaban Bahasa inggris kelas 11
  3. Kunci jawaban MTK kelas 11
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 11
  5. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11
  6. Kunci jawaban PKN kelas 11
  7. Kunci jawaban Prakarya kelas 11
  8. Kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11
  9. Kunci jawaban Senibudaya kelas 11

Supaya dikemudian harinya adik adik jika ada masalah yang dihadapi, adik adik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan sendirinya tanpa bantuan orang lain, baik itu masalah dari sekolah maupun diluar sekolah.

Dan hal tersebut sangatlah bermanfaat bagi adik adik untuk masa depan yang lebiah cerah,kami juga mengjak adik adik untuk selau semangat dalam belajar, dan pantang menyerah dengan keadaan saat ini dimana sekolah menerapkan sistem sekolah online.

Perlu adik adik ketahui bahawa dengan bersekolah dapat membuat kita mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan zaman ini, dengan bersekolah kita juga dapat memperoleh teman teman.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 180 181 Bab 10 Pilihan ganda

1. Di antara faktor yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke18 adalah …
a. tidak adanya misi Islam
b. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam
c. kekuatan Islam yang semakin meningkat
d. kekuatan Eropa sudah mulai melemah
e. lemahnya umat Islam dalam beribadah

Kunci Jawaban : b. 

2. Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh…
a. Al-Tahtawi
b. Rasyid Ridha
c. Syah Ahmad Khan
d. Muhammad Ali Pasya
e. Jamaludin Al-Afgani

Kunci Jawaban : c. 

3. Jamaludin Al-Afghani adalah tokoh pembaru Islam dari negara …
a. Pakistan
b. Afganistan
c. Turkistan
d. Turki
e. Arab Saudi

Kunci Jawaban : b. 

4. “Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan intelektual”. Gagasan ini dimunculkan oleh …
a. Al-Tahtawi
b. Rasyid Ridha
c. Syah Waliyullah
d. Muhammad Ali Pasya
e. Jamaludin Al-Afgani

Kunci Jawaban : e. 

5. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Hal
ini secara jelas dikemukakan oleh …
a. Al-Tahtawi
b. Rasyid Ridha
c. Syah Waliyullah
d. Muhammad Abduh
e. Jamaludin Al-Afgani

Kunci Jawaban : d. 

Rangkuman pembahasan

universitas di India. Kemudian, ia memasuki bidang politik dan pada tahun 1930, ia dipilih menjadi Presiden Liga Muslimin. Di dalam perundingan Meja Bundar di London, ia turut dua kali mengambil bahagian. Ia juga menghadiri Konferensi Islam yang diadakan di Yerusalem. Pada tahun 1933, ia diundang ke Afghanistan untuk membicarakan pembentukan Universitas Kabul. Dalam usia 62 tahun, ia meninggal di tahun 1938.

Berbeda dengan pembaharu-pembaharu lain, Muhammad Iqbal adalah penyair dan filosof. Tetapi, pemikirannya mengenai kemnduran dan kemajuan umat Islam mempunyai pengaruh pada gerakan pembaruan dalam Islam.Pemikiran Muhammad Iqbal tentang pembaruan Islam adalah sebagai berikut. 

a. Ijtihad mempunyai kedudukan penting dalam pembaruan Islam dan pintu ijtihad tetap terbuka.

b. Umat Islam perlu mengembangkan sikap dinamisme. Dalam syiarnya, ia mendorong umat Islam untuk bergerak dan jangan tinggal diam. pengaruh kolonialisme dan imperialisme Eropa.

d. Hukum Islam tidak bersifat statis, tetapi dapat berkembang sesuai per-

kembangan zaman.

e. Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi yang dimiliki Barat. 

f. Perhatian umat Islam terhadap zuhud menyebabkan kurangnya perhatian 

terhadap masalah-masalah keduniaan dan sosial kemasyarakatan. 

Ada beberapa perilaku yang dapat dijadikan cerminan terhadap penghayatan 

akan sejarah perkembangan Islam pada masa pembaruan ini. Hal-hal tersebut 

adalah sebagai berikut.

1. Menyikapi kejadian masa lalu dengan sikap sabar dan menanamkan jihad yang 

sesuai dengan ajaran al-Qur’ān dan hadis.

2. Menjadikan sumber inspirasi untuk membuat langkah-langkah inovatif agar 

kehidupan manusia menjadi damai dan sejahtera baik di dunia maupun di 

akhirat.

3. Memotivasi diri terhadap masa depan agar memperoleh kemajuan serta 

mengupayakan agar sejarah yang mengandung nilai negatif atau kurang baik 

tidak akan terulang kembali.

4. Membangun masa depan berdasarkan pijakan-pijakan yang telah ada di 

masa lalu sehingga dapat membangun negara senantiasa menjadi baldatun 

tayyibatun wa rabbun gafūr atau negara yang baik dan mendapat ampunan 

dari Allah Swt.

5. Ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pembaruan cukup canggih dan 

menakjubkan sehingga melalui proses belajar akan dapat diperoleh kemajuan 

yang lebih baik bagi generasi-generasi muslim di masa depan.

6. Mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan kegagalan di 

masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang.

7. Dalam sejarah, dikemukakan pula masalah sosial dan politik yang terdapat 

di kalangan bangsa-bangsa terdahulu. Semua itu agar menjadi perhatian dan 

menjadi pelajaran ketika menghadapi permasalahan yang mungkin akan 

terjadi.

1. Perkembangan Islam pada masa modern dimulai dari tahun 1800 dan 

berlangsung sampai sekarang yang ditandai dengan gerakan pembaruan 

dalam berbagai bidang. 

2. Tokoh-tokoh yang memelopori gerakan pembaruan Islam, antara lain; 

Muhammad bin Abdul Wahab, Syah Waliyullah, Muhammad Ali Pasya, 

Al-Tahtawi, Jamaludin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida, 

Sayyid Ahmad Khan, dan Sultan Mahmud II.

3. Saat Islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa justru mengalami 

kemajuan luar biasa dalam lapangan kebudayaan, ekonomi, ilmu 

pengetahuan, dan teknologi. Sementara kondisi dunia Islam berada di 

bawah 

Arab, ia juga belajar bahasa Persia. Ia orang 

yang rajin membaca dan banyak memperluas 

pengetahuan dengan membaca buku dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. 

Sewaktu berusia 18 tahun, ia masuk bekerja pada Serikat India Timur. Kemudian, 

ia bekerja pula sebagai hakim. Tetapi, pada tahun 1846, ia pulang kembali ke 

Delhi untuk meneruskan studi.

Di masa Pemberontakan 1857, ia banyak berusaha untuk mencegah terjadinya 

kekerasan dan dengan demikian banyak menolong orang Inggris dari pembunuhan. 

Pihak Inggris menganggap ia telah banyak berjasa bagi mereka dan ingin membalas 

jasanya, tetapi hadiah yang dianugerahkan Inggris kepadanya ia tolak. Gelar Sir 

yang kemudian diberikan kepadanya dapat ia terima. Hubungannya dengan pihak 

Inggris menjadi baik dan ini ia pergunakan untuk kepentingan umat Islam India.

Sayyid Ahmad Khan berpendapat bahwa peningkatan kedudukan umat Islam 

India dapat diwujudkan hanya dengan bekeija sama dengan Inggris. Inggris telah 

merupakan penguasa yang terkuat di India dan menentang kekuasaan itu tidak 

akan membawa kebaikan bagi umat Islam India. Hal ini akan membuat mereka 

tetap mundur dan akhirnya akan jauh ketinggalan dari masyarakat Hindu India.

Pemikiran Sayyid Ahmad Khan tentang pembaruan Islam adalah sebagai 

berikut.

a. Kemunduran umat Islam disebabkan tidak mengikuti perkembangan zaman 

dengan cara menguasai sains dan teknologi.

b. Ia berpendirian bahwa manusia bebas berkehendak dan berbuat sesuai dengan 

sunatullah yang tidak berubah. Gabungan kemampuan akal, kebebasan 

manusia berkehendak dan berbuat, serta hukum alam inilah yang menjadi 

sumber kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. 

c. Sumber ajaran Islam hanyalah al-Qur’ān dan hadis.

d. Ia menentang taklid dan perlu adanya ijtihad sehingga umat Islam dapat 

berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. 

e. Ia berpendapat satu-satunya cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari 

keterbelakangan adalah pendidikan. 

9. Sultan Mahmud II

Pembaharuan di Kerajaan Utsmani abad ke-

19, sama halnya dengan pembaharuan di Mesir, 

juga dipelopori oleh Raja. Kalau di Mesir 

Muhammad Ali Pasyalah raja yang memelopori 

pembaharuan, di Kerajaan Utsmani, raja yang 

menjadi pelopor pembaharuan adalah Sultan 

Mahmud II.

Mahmud lahir pada tahun 1785 dan 

mempunyai didikan tradisional, antara lain 

pengetahuan agama, pengetahuan pemerintahan, 

sejarah dan sastra Arab, Turki dan Persia. Ia 

diangkat menjadi Sultan pada tahun 1807 dan 

meninggal pada tahun 1839.

Di bagian pertama dari masa kesultanannya, 

ia disibukkan oleh peperangan dengan Rusia 

dan usaha menundukkan daerah-daerah yang mempunyai kekuasaan otonomi 

besar. Peperangan dengan Rusia selesai pada tahun 1812 dan kekuasaan otonomi 

daerah akhirnya dapat ia perkecil kecuali kekuasaan Muhammad Ali Pasya di 

Mesir dan satu daerah otonomi lain di Eropa.

Setelah kekuasaannya sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Utsmani ber-

tambah kuat, Sultan Mahmud II melihat bahwa telah tiba masanya untuk memulai 

usaha-usaha pembaharuan yang telah lama ada dalam pemikirannya. Sebagaimana 

sultan-sultan lain, hal pertama yang menarik perhatiannya ialah pembaharuan di 

a. Menerapkan sistem demokrasi dalam pemerintahannya.

b. Menghapus pengultusan sultan yang dianggap suci oleh rakyatnya.

c. Memasukkan kurikulum umum ke dalam lembaga-lembaga pendidikan 

madrasah.

d. Mendirikan sekolah Maktebi Ma’arif yang mempersiapkan tenaga-tenaga 

administrasi, dan Maktebi Ulum’i edebiyet yang mempersiapkan tenaga-

tenaga ahli penerjemah.

e. Mendirikan sekolah kedokteran, militer dan teknik. 

10. Muhammad Iqbal

 Muhammad Iqbal berasal dari keluarga 

golongan menengah di.Punjab dan lahir di Sialkot 

pada tahun 1876. Untuk meneruskan studi ia 

kemudian pergi ke Lahore dan belajar di sana 

sampai ia memperoleh gelar kesarjanaan M.A. Di 

kota itulah ia berkenalan dengan Thomas Arnold, 

seorang Orientalis, yang menurut keterangan, 

mendorong pemuda Iqbal untuk melanjutkan 

studi di Inggris. Pada tahun 1905, ia pergi ke 

negara ini dan masuk ke Universitas Cambridge 

untuk mempelajari falsafat. Dua tahun kemudian, 

ia pindah ke Munich di Jerman, dan di sinilah ia 

memperoleh gelar Ph.D. dalam tasawuf. Tesis 

doktoral yang diajukannya berjudul: The Development of Metaphysics in Persia 

(Perkembangan Metafisika di Persia).

Pada tahun 1908 ia berada kembali di Lahore dan di samping pekerjaannya 

sebagai pengacara, ia menjadi dosen falsafat. Bukunya The Reconstruction of 

Retigious Thought in Islam adalah hasil ceramah-ceramah yang diberikannya di 

beberapa s

Previous Post

No more post

You May Also Like