1. Apa alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara berpenduduk mayoritas Islam?

Hallo temen temen pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang membahas mengenai kunci jawaban IPA kelas 11, yang mena pembahasan ini kami ambil karena kami melihat banyak sekali temen yang sedang mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru temen temen.

1. Menyikapi kejadian masa lalu dengan sikap sabar dan menanamkan jihad yang sesuai dengan ajaran al-Qur’ān dan hadis.  2. Menjadikan sumber inspirasi untuk membuat langkah-langkah inovatif agar kehidupan manusia menjadi damai dan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk kami disini hadir untuk membantu adik adik dalam menyelsaikan tugas yang di berikan oleh guru, kami yakin jika adik adik menggunakan pembahasan yang kami berikan ini kami yakin adik adik akan mendpatkan nilai yang begitu memuaskan.

  1. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 14 15 evaluasi bab 1 pilihan ganda dan esai
  2. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 30 31 evaluasi bab 2 pilihan ganda dan esai
  3. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
  4. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 64 65 evaluasi bab 4 pilihan ganda dan esai
  5. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 79 80 evaluasi bab 5 pilihan ganda dan esai
  6. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 103 104 105 evaluasi bab 6 pilihan ganda dan esai
  7. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 120 121 evaluasi bab 7 pilihan ganda dan esai
  8. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 137 138 evaluasi bab 8 pilihan ganda dan esai
  9. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 160 161 evaluasi bab 9 pilihan ganda dan esai
  10. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 180 181 evaluasi bab 10 pilihan ganda dan esai
  11. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 197 198 evaluasi bab 11 pilihan ganda dan esai

Kami juga membahas mengenai kunci jawaban dari pelajaran yang lainya yang mungkin di butuhkan temen temen, yang pembahasan yang kami buat ini masih berkaitan dengan pelajaran kelas 11 ini, jadi jika temen temen ingin menyelesaikan tugas yang lainya silahkan klik tulisan dibawah

  1. Kunci jawaban PAI kelas 11
  2. Kunci jawaban Bahasa inggris kelas 11
  3. Kunci jawaban MTK kelas 11
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 11
  5. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11
  6. Kunci jawaban PKN kelas 11
  7. Kunci jawaban Prakarya kelas 11
  8. Kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11
  9. Kunci jawaban Senibudaya kelas 11
Karena kami dalam menjawab pembahasan dari setiap tuagas yang ada kami terlebih dahulu berusaha menjawab semaksimal yang kami bisa, tak jarang kami mencari pembahasan dari situs situs lain, hal ini kami lakukan supaya kami dapat membadiangkan mana jawaban yang paling tepat dan benar

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 180 181 Bab 10 Essay 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan tepat!

1. Apa alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara berpenduduk mayoritas Islam?

Kunci Jawaban : 

Salah satu alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara yang mayoritas berpenduduk Islam adalah untuk menyebarkan MISI SUCI (Gospel) dengan cara menyiarkan agama Kristen bagi masyarakat setempat yang dijajah.
Pembahasan
Tujuan penjajahan yang dilakukan bangsa Eropa baik itu di negara (bangsa) mayoritas beragama Islam atau pun tidak adalah sebagai berikut:
GOLD berkaitan dengan tujuan bangsa Eropa untuk mendapatkan kekayaan dari komoditas perdagangan yang berharga seperti rempah-rempah dan bahan tambang.
GLORY berkaitan dengan tujuan bangsa Eropa untuk mendapatkan kejayaan. Sebab semakin banyak wilayah jajahan yang suatu bangsa duduki maka semakin superior kedudukannya di hadapan bangsa-bangsa Eropa lainnya.
GOSPEL adalah tujuan bangsa Eropa untuk menyebarkan agama Kristen di wilayah manapun yang mereka duduki. Gospel ini disebut sebagai misi suci yang oleh sejarawan dipercayai sebagai kelanjutan dari perang salib.

2. Bagaimanakah pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaluddin Al-Afghani?

Kunci Jawaban : 

Pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaluddin Al-Afghani antara lain :
kejayaan kembali umat Islam terwujud kalau kembali kepada ajaran Islam yang murni dengan meneladani pola hidup sahabat khususnya Khulafa’ Al-Rasyidun.
perlawanan terhadap kolonialisme dan nominasi berat secara politik, ekonomi dan kebudayaan.
pengakuan terhadap keunggulan barat dalam ilmu dan teknologi, di mana umat Islam harus belajar tetangnya, yang pada hakekatnya hanya mengambil kembali apa yang dulu disumbangkan Islam kepada barat dan kemudian secara selektif di kritisi menggunakannya untuk kejayaan Islam.

3. Apa saja usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang iptek?

Kunci Jawaban : 

Usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang iptek antara lain :tahun 1876 ia mendirikan sekolah Inggris di Muradabad
tahun 1879 ia mendirikan sekolah muhammedan anglo oriental College ( MAOC) di Aligarh yang merupakan karyanya yang bersejarah dan berpengaruh dalam cita citanya untuk memajukan umat Islam di India

4. Apa hikmah mempelajari perkembangan Islam pada masa modern?

Kunci Jawaban : 

Hikmah mempelajari perkembangan Islam pada masa modern antara lain :
Dapat memberikan gambaran bahwa islam merupakan agama fitrah dan berkembang ke pelosok dunia tidak melalui kekerasan atau peperangan.
Dengan melihat perkembangan Islam yang menyebar ke pelosok dunia, umat Islam akan terdorong untuk meningkatkan kualitas, baik secara pribadi maupun umum, agar mampu berperan dalam percaturan dunia yang semakin global.
Dapat menimba ilmu pengetahuan tentang perkembangan peradaban umat Islam di berbagai belahan dunia.
Memiliki saudara seiman dengan jumlah mencapai 1 milyar. Merasa gembira dengan torehan prestasi dan kemajuan saudaranya sekaligus merasa sedih dan menderita terhadap penderitaan saudaranya yang seiman.
Semakin yakin keimanan muslim akan kebenaran agamanya meskipun telah dihambat, dinodai, dan dihalangi dengan berbagai cara oleh mereka yang tidak menyukai Islam.

5. Seperti apakah contoh peristiwa perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern?

Kunci Jawaban : 

Contoh peristiwa perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern antara lain :
adanya Al-Qur’an eletronik yang membantu lebih mudah mempelajari Al-qur’an ataupun mendengarkan al-qur’an
Pola pembaharuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pendidikan modern di Barat.
Golongan yang berorientasi pada sumber Islam yang murni. Mereka berpendapat bahwa sesungguhnya Islam itu sendiri merupakan sumber dari kemajuan dan perkembangan peradaban Ilmu Pengetahuan modern. Dalam hal ini Islam telah membuktikannya. Sebab-sebab kelemahan umat Islam menurut mereka adalah karena tidak lagi melaksanakan ajaran Agama Islam sebagaimana mestinya. Ajaran Islam yang sudah tidak murni lagi digunakan untuk sumber kemajuan dan kekuatan. Pola ini dilakukan oleh Muhammad bin Abdul Wahab, Jamaluddin Al-Afghani, dan Muhammad Abduh.
Usaha yang berorientasi kepada Nasionalisme. Golongan ini melihat di Barat rasa Nasionalisme ini timbul bersamaan dengan berkembangnya pola kehidupan modern sehingga mengalami kemajuan yang menimbulkan kekuatan politik yang berdiri sendiri. Keadaan ini pada umumnya mendorong Bangsa timur dan bangsa terjajah lainnya untuk mengembangkan nasionalisme mereka masing-masing.

Rangkuman pembahasan

Ada beberapa perilaku yang dapat dijadikan cerminan terhadap penghayatan akan sejarah perkembangan Islam pada masa pembaruan ini. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menyikapi kejadian masa lalu dengan sikap sabar dan menanamkan jihad yang sesuai dengan ajaran al-Qur’ān dan hadis.

2. Menjadikan sumber inspirasi untuk membuat langkah-langkah inovatif agar kehidupan manusia menjadi damai dan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat.

3. Memotivasi diri terhadap masa depan agar memperoleh kemajuan serta mengupayakan agar sejarah yang mengandung nilai negatif atau kurang baik tidak akan terulang kembali.

4. Membangun masa depan berdasarkan pijakan-pijakan yang telah ada di masa lalu sehingga dapat membangun negara senantiasa menjadi baldatun tayyibatun wa rabbun gafūr atau negara yang baik dan mendapat ampunan dari Allah Swt.

5. Ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pembaruan cukup canggih dan menakjubkan sehingga melalui proses belajar akan dapat diperoleh kemajuan yang lebih baik bagi generasi-generasi muslim di masa depan.

6. Mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan kegagalan di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang.

7. Dalam sejarah, dikemukakan pula masalah sosial dan politik yang terdapat di kalangan bangsa-bangsa terdahulu. Semua itu agar menjadi perhatian dan menjadi pelajaran ketika menghadapi permasalahan yang mungkin akan terjadi.

1. Perkembangan Islam pada masa modern dimulai dari tahun 1800 dan berlangsung sampai sekarang yang ditandai dengan gerakan pembaruan dalam berbagai bidang. 

2. Tokoh-tokoh yang memelopori gerakan pembaruan Islam, antara lain; Muhammad bin Abdul Wahab, Syah Waliyullah, Muhammad Ali Pasya, Al-Tahtawi, Jamaludin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida, Sayyid Ahmad Khan, dan Sultan Mahmud II.

3. Saat Islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa justru mengalami kemajuan luar biasa dalam lapangan kebudayaan, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Sementara kondisi dunia Islam berada di bawah yang diperolehnya dari Al- Syaikh Husain Al-Jisr dan yang kemudian diperluas lagi dengan ide-ide Al-Afghani dan Muhammad Abduh amat memengaruhi jiwanya.

Ia mulai mencoba menjalankan ide-ide pembaharuan itu ketika masih berada di Suria, tetapi usaha-usahanya mendapat tantangan dari pihak Kerajaan Utsmani. Ia merasa terikat dan tidak bebas. Oleh karena itu, ia memutuskan pindah ke Mesir, dekat dengan Muhammad Abduh. Pada bulan Januari 1898, ia sampai di negeri gurunya ini.

Beberapa bulan kemudian, ia mulài menerbitkan majalah yang termasyhur, Al-Manār. Di dalam nomor pertama, dijelaskan bahwa tujuan Al-Manār sama dengan tujuan Al-Urwah Al-Wusṭa, antara lain mengadakan pembaharuan dalam bidang agama, sosial, dan ekonomi, memberantas takhyul dan bid’ah-bid’àh yang masuk ke dalam tubuh Islam, menghilangkan paham fatalisme yang terdapat dalam kalangan umat Islam, serta paham-paham salah yang dibawa tarekat-tarekat tasawuf, meningkatkan mutu pendidikan dan membela umat Islam terhadap permainan politik negara-negara Barat.

Majalah ini banyak menyiarkan ide-ide Muhammad Abduh. Guru memberikan ide-ide kepada murid dan kemudian muridlah yang menjelaskan dan menyiarkannya kepada umum melalui lembaran-lembaran Al-Manār. Tetapi, elain dari ide-ide, Al-Manār juga mengandung artikel-artikel yang dikarang Muhammad Abduh sendiri. Demikian juga tulisan pengarang-pengarang lain.Beberapa pemikiran Rasyid Rida tentang pembaruan Islam adalah sebagai berikut.

a. Sikap aktif dan dinamis di kalangan umat Islam harus ditumbuhkan.

b. Umat Islam harus meninggalkan sikap dan pemikiran kaum Jabariyah.

c. Akal dapat dipergunakan untuk menafsirkan ayat dan hadis tanpa meninggalkan prinsip umum. 

d. Umat Islam menguasai sains dan teknologi jika ingin maju.

e. Kemunduran umat Islam disebabkan banyaknya unsur bid’ah dan khurafat yang masuk ke dalamajaran Islam.

f. Kebahagiaan dunia dan akhirat diperoleh melalui hukum yang diciptakan Allah Swt.

g. Perlu menghidupkan kembali sistem pemerintahan khalifah.

h. Khalifah adalah penguasa di seluruh dunia Islam yang mengurusi bidang agama dan politik.

i. Khalifah haruslah seorang mujtahid besar dengan bantuan para ulama dalam 

menerapkan prinsip hukum Islam sesuai dengan tuntutan zaman. 

8. Sayyid Ahmad Khan

 Setelah hancurnya Gerakan Mujahidin dan Kerajaan Mughal sebagai akibat dari Pemberontakan 1857, muncullah Sayyid Ahmad Khan untuk memimpin umat Islam India, yang telah kena pukul itu untuk dapat berdiri dan maju kembali sebagai di masa lampau. Ia lahir di Delhi pada tahun 1817 dan menurut keterangan berasal dari keturunan Husein, cucu Nabi Muhammad melalui Fatimah dan Ali. Neneknya, Sayyid Hadi, adalah pembesar istana di zaman Alamghir II (1754‒1759). Ia mendapat didikan tradisional dalam pengetahuan agama dan di samping bahasa 

Sumber:buku pai kelas 11 siswa

Previous Post

No more post

You May Also Like