Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan

Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan – Kalau melihat tayangan yang mengulas suatu produk mungkin sudah biasa dan banyak kita temukan. Tetapi ulasan dalam bentuk teks, Anda bisa membuatnya dengan memperhatikan apa saja struktur dan kaidah penulisannya. Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan – Terutama sebagai seorang pendidik atau akademik, mengulas sesuatu haruslah secara lengkap agar pembaca bisa mendapatkan apa yang mereka cari dari apa yang Anda tulis. Inilah nanti yang harus ada di dalam teks ulasan, memudahkan pembaca untuk tahu apakah karya atau produk tersebut bagus atau tidak.

Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap karya. Bisa jadi seperti film, drama atau bahan bacaan. Teks ini sering juga disebut dengan resensi yang mana pengulas harus bersikap kritis terhadap apa yang diulasnya. Sebab, sikap kritis inilah yang akan memberi hasil ulasan maksimal. Apa tujuan dari teks ulasan? Bagaimana cara menyusunnya?

Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan

1. Tujuan Teks Ulasan

Secara sederhana, tujuan dari teks ini adalah mengulas benda atau karya. Tetapi jika melihat tujuannya secara spesifik, Anda bisa menemukan banyak tujuan dari teks ulasan. Yang pertama adalah menunjukkan pandangan ataupun penilaian dari si penulis terhadap suatu karya. Penulis nantinya memberi informasi kepada pembaca tentang kelayakan yang memang dimiliki suatu karya. Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan – Dari teks ini, penulis diharapkan bisa membantu pembaca untuk tahu isi dari suatu karya. Bahkan, tujuannya juga untuk mengajak pembaca mampu merenungkan dan memikirkan atau mendiskusikan masalah yang ada dalam suatu karya.

2. Ciri-ciri Teks Ulasan

Teks ulasan akan memuat informasi dan pandangan ataupun opini dari penulis tentang karya atau produk. Tetapi opininya juga harus berdasarkan fakta yang bisa diinterpretasikan. Nama lain dari teks ini adalah resensi. Dengan melihat ciri-ciri pada teks tersebut, Anda bisa melihat jenis apakah teks yang disusun.

Struktur Teks Ulasan

1. Orientasi

Struktur pertama yang harus disusun adalah orientasi. Pada struktur inilah yang nantinya akan menjelaskan tentang bagaimana gambaran umum sebuah karya. Baik itu adalah film, drama, produk ataupun buku. Di bagian orientasi ini nanti, pembaca akan memberi penjelasan tentang apa yang akan diulas.

2. Tafsiran

Struktur kedua adalah tafsiran. Teks ulasan memiliki struktur tafsiran yang berisi penjelasan detail tentang karya yang diulas.Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan – Anda bisa memberikan informasi tentang bagian-bagian dari karya tersebut. Bisa juga berupa keunikan, kualitas, keunggulan dan lain sebagainya.

3. Evaluasi

Setelah orientasi dan tafsiran, struktur yang harus ada ialah evaluasi. Bagian ini berisi pandangan dari si penulis tentang karya yang ia ulas. Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan – Evaluasi juga dilakukan setelah penulis melakukan tafsiran cukup terhadap karya atau produk tersebut. Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan -Di bagian evaluasi ini, ia akan menyebutkan manakah bagian yang bernilai atau yang menunjukkan kelebihan dari karya tersebut. Bisa juga disertakan apa saja kekurangan dalam karya tersebut agar ulasan seimbang.

4. Rangkuman

Tujuan dan Ciri-ciri Teks Ulasan – Rangkuman merupakan bagian yang berisi kesimpulan terhadap ulasan yang dibuat. Bagian ini juga akan memuat komentar penulis apakah karya tersebut berkualitas atau tidak. Struktur teks ulasan ini cukup penting mengingat pembaca kebanyakan membutuhkan simpulan terhadap ulasan dari suatu karya atau produk. Mereka ingin tahu apakah produk atau karya tersebut menjadi rekomendasi atau tidak.

Teks ulasan sebenarnya memiliki beberapa jenis seperti informatif, deskriptif dan kritis. Dalam membuat atau menyusun teks tersebut berdasarkan jenisnya, ada struktur yang harus dipenuhi agar sempurna dan tergolong baik. Karena teks ulasan yang baik adalah yang mampu membuat pembaca paham terhadap kurang lebihnya suatu karya atau produk yang diulas.

You May Also Like

x