Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya

Teks deskripsi adalah sebuah teks yang bertujuan untuk menjelaskan informasi secara lebih lengkap. Entah itu berupa objek, tempat atau peristiwa yang sedang dan sudah terjadi. Sehingga pembacanya merasa seperti ikut langsung dalam kejadian tersebut. 

Pengertian Teks Deskripsi 

Salah satu tanda yang paling menonjol adalah gagasan utama dikembangkan dengan sejelas-jelasnya. Tanpa ada sesuatu yang ditambah atau dikurangi. Baik itu, tempat, peristiwa ataupun objek. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca mampu dengan cepat pokok apa yang ingin disampaikan oleh penulis. 

Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya

Tak jarang dibantuk dengan ilustrasi berupa gambar, kesan atau warna sesuai dengan apa yang ingin disampaikan. Salah satu tolak ukur sebuah teks deskriptif berhasil adalah ketika pembaca ikut merasakan, mendengar atau melihat yang dijelaskan. 

Ciri-Ciri Teks Deskripsi 

Agar Anda mampu mengetahui apakah sebuah bacaan termasuk teks deskripsi atau bukan. Maka harus mengetahui apa saja ciri-cirinya, yaitu :

  1. Memaparkan sebuah objek lengkap dengan ciri fisiknya. Baik itu warna, ukuran, kepribadian, bentuk secara jelas dan rinci. 
  2. Terkadang menggunakan bahasa kiasan seperti metafora atau perumpamaan 
  3. Menggunakan keterangan tempat untuk memperjelas informasi yang diberikan. Seperti di kantor, pasar, rumah sakit, jalan atau yang lainnya.
  4. Terkadang juga menggunakan kata sifat. Seperti contoh dia adalah orang yang sangat pandai. 
  5. Lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa sehari-hari. 
  6. Menarik pembaca untuk ikut serta dalam merasakan, melihat dan mendengar suatu peristiwa yang sedang dijelaskan. 
  7. Gagasan utamanya selalu melibatkan kesan indera. Entah itu pendengaran, penglihatan atau penciuman. 
  8. Melukiskan atau menggambarkan suatu hal.

Struktur Teks Deskripsi 

Agar menjadi bacaan yang baik, seorang penulis harus memenuhi beberapa struktur yang sudah ditetapkan. Termasuk mendeskripsikan sebuah objek. 

1. Identifikasi 

Pada bagian ini penulis harus bisa menentukan mana elemen yang akan dicantumkan dan mana yang tidak serta harus sesuai dengan topik. Si penulis mulai membentuk sebuah identitas yang akan disajikan. Baik itu peristiwa, tempat atau benda.  

2. Klasifikasi 

Pada tahapan ini, penulis mulai menyusun atau mengelompokkan kalimat sesuai dengan standar atau kaidah yang ditetapkan. Ttujuannya untuk memudahkan gagasan yang ingin disampaikan secara runtut dan jelas. 

3. Deskripsi 

Selanjutnya, pada tahap ini gambaran atau bagian yang akan dibahas mulai ditampilkan. Selengkap-lengkapnya tanpa harus keluar dari pikiran utama. Terkadang data pendukung diperlukan, agar lebih menarik minat pembaca. 

Macam-Macam Teks Deskripsi 

Berikut ini kami jelaskan mengenai macam-macam teks Deskripsi yang telah kami pelajari sebelumnya

Deskripsi Sugestif 

Adalah sebuah karangan yang sebisa mungkin membuat pembaca ikut menghayati, memunculkan imajinasi dan emosi sang pembaca. Selain itu juga menggambarkan tentang sebuah pengalaman, yang nantinya akan menimpulkan penafsiran atau kesan dari pembaca. 

Kata-kata yang umum digunakan adalah kata sifat, ciri ataupun watak. Sehingga sugesti lebih terasa. 

Paragraf Deskripsi Ekspositoris 

Tujuan dari penulisan teks jenis ini adalah agar pembaca mengenali ketika bertemu, berhadapan atau melihat sebuah objek. Penulis menjelaskan unsur-unsur yang melekat secara lebih rinci untuk menambah wawasan si pembaca. Dengan bahasa yang sangat mudah dipahami dan bertahap agar tidak menimbulkan multi tafsir. 

Contoh Teks Deskripsi 

Nah jika Anda penasaran seperti apa sih sebenarnya. Bisa melihat beberapa contoh di bawah ini: 

Tentang Alam/Pemandangan Gunung 

Gunung adalah sebuah penampakan alam yang sangat indah. Sering disebut sebagai dataran yang menonjol, karena lebih tinggi dari sekitarnya. Pada umumnya, tinggi gunung terletak pada ratusan meter di atas permukaan laut. 

Ketinggian inilah yang membuatnya nampak sejuk di pandang dari segi manapun. Entah itu atas atau bawah. Dari atasnya, kita bisa menikmati kesegaran air yang turun dari tebing, sungai yang jernih, bukit dan gugusan batuan yang indah. Bahkan apabila beruntung bisa melihat secara langsung terbit dan tenggelamnya matahari. 

Oleh karena itu, banyak yang tertarik untuk melakukan pendakian di beberapa gunung di Indonesia. Selain memanjakan mata, juga membuat diri menjadi lebih tentram. Apalagi jika diiringi kicauan burung dan hembusan angin yang sejuk. Membuat semuanya betah berlama-lama.

Masing-masing gunung juga memiliki jenis dan ciri-cirinya tersendiri. Ada yang masih aktif dan juga tidak. Jika masih aktif, memiliki pijaran lava yang panas dan menyembur apabila terjadi kontraksi. Jika tidak aktif. Maka tidak akan mengeluarkan lava. 

Tentang Hewan (Kucing)

Namanya adalah Romy, dia adalah kucingku yang paling menggemaskan. Aku menemukannya di pinggir jalan. Romy memiliki bulu yang sangat halus dan menyelimuti tubuhnya dari kepala hingga ekor. 

Bulunya berwarna coklat dan putih pada bagian kakinya.  Jika ekornya digerakkan terlihat sangat menggemaskan. Kumisnya sedang saja, tidak panjang ataupun pendek. Romy mempunyai bentuk kaki yang lebih pendek dibandingkan dengan kucing lainnya. 

Berat tubuhnya sekitar 4 kg. Matanya berwarna hijau kekuningan, bila terkejut ia akan membukanya lebih lebar, lucu sekali. Romy sangat suka tidur, biasanya ia menghabiskan seharian di atas ranjang. Sama sepertiyang lainnya, Ia juga sangat suka dielus pada bagian punggung, sambil memainkan ekornya ke kanan dan kiri.

Ia akan terus mengeong pada saat lapar, hingga makanan tersaji. Jika tak kunjung diberi, Romy akan memasang muka menyedihkan. Ia sangat disayangi seluruh anggota keluarga. 

Tentang Tempat (SMA Al Ghozali) 

SMA Al Ghozali adalah salah satu sekolah menenga atas yang terletak di Kabupaten Jombang. Tepatnya berada di Desa Sumber Rejeki, Jombang. SMA ini memiliki luas yang tak banyak, dengan dikelilingi pondok pesanten. Suasanya yang asri dengan pemandangan sawah di depannya membuat siswa dapat belajar secara nyaman. 

Selain itu, mengusung tema islami membuat sekolah ini dipandang oleh masyarakat sekitar. Tidak ada siswa atau siswi yang berpakaian tak sopan. Semuanya menutup aurat dengan sempurna. Kurikulum yang diajarkan juga memadukan antara unsur pesantren dengan formal. 

Fasilitasnya juga tidak kalah lengkap dari sekolah favorit lainnya di Kabupaten Jombang. Terdapat laboratorium komputer, IPA dan ruang osis yang sudah cukup digunakan untuk kegiatan siswa. Salah satu ekstrakurikuler unggulannya adalah PKS (Pendidikan Kepolisian Sekolah). 

Diketahui baru-baru ini tim SMA Al Ghozali mendapatkan juara se Jawa Timur. Merupakan sebuah prestasi yang luar biasa karena disandingkan dengan sekolah yang lebih maju. Guru-gurunya juga sangat ramah, mereka mendidik dengan penuh kesabaran dan selalu menerapkan nilai Islami. 

Penataan kelasnya juga sangat apik, sekolah tingkat dasar diletakkan di bagian depan. Sedangkan untuk SMP dan SMA di bagian belakang bersebrangan. Perpaduan islami dan formal inilah yang menjadi keunggulan tersendiri. Sehingga banyak yang berminat untuk sekolah di SMA Al Ghozali.

Sekarang Anda suda memahami dengan betul kan apa saja pengertian, jenis dan struktur teks deskripsi? Jika sudah diharapkan Anda bisa membuat sendiri dengan memperhatikan objek di sekitar. Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisamendeskripsikan tempat, orang, proses, atau objek lainnya yang dirasa penting agar minat pembaca meningkat.

You May Also Like