Contoh Resensi Buku dan Strukturnya

Sudah tak asing lagi dengan kalimat buku adalah jendela dunia. Tentu kalimat tersebut memiliki makna yang luas. Buku menyimpan banyak informasi dan juga terdapat ilmu pengetahuan di dalamnya. Sementara saat ini, kata resensi juga seringkali disandingkan dengan buku. Teks Resensi diketahui sebagai aktivitas untuk membedah isi buku mulai dari judulnya, ringkasan isi hingga komentar atau tanggapan mengenai subtansi buku. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa mencari berbagai contoh resensi buku yang mudah kita temukan.

Contoh Resensi Buku dan Strukturnya juga disebut dengan tindakan evaluasi kritis terhadap sebuah karya atau buku. Ada juga yang mengartikan bahwa resensi buku adalah aktivitas memaknai, menafsirkan dan membedah substansi dari buku. Untuk membuatnya, ada unsur atau struktur yang harus dipenuhi.

Contoh Resensi Buku 

Judul Resensi: Laskar Pelangi, Potret Semangat Pendidikan di Pulau Belitung

Judul Buku: Laskar Pelangi

Pengarang: Andrea Hirata

Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta

Tahun Terbit: 2005

Jumlah Halaman: 529 halaman

Laskar Pelangi merupakan novel fiksi yang dikarang oleh Andrea Hirata. Novel ini bercerita tentang kehidupan dari 10 anak yang ada di Pulau Belitung. Mereka saling bersahabat dan tiap orang tuanya berprofesi yang sama yakni sebagai penambang timah. Ditengah kondisi ekonomi yang tergolong miskin, mereka memiliki semangat tinggi untuk sekolah.

Sayangnya semangat yang dimiliki oleh para bocah tersebut harus dibenturkan pada kondisi sekolah yang tidak layak huni. Bahkan sempat ada teguran dari pemerintah untuk menutup sekolah tersebut karena jumlah murid yang sedikit yaitu 10 orang saja. Ketika nyaris ditutup karena jumlah siswa yang berkurang menjadi sembilan, ada tokoh bernama Harun yang datang sebagai siswa baru dan menjadikan sekolah tersebut tetap dibuka.

Pada novel Laskar Pelangi, ada karakter seorang guru bernama Ibu Muslimah yang digambarkan sebagai sosok penyabar dalam mendidik tiap siswanya. Beliau hanyalah lulusan SMP tetapi tekad untuk berdedikasi di dunia pendidikan sangatlah besar.

Kelebihan

Cerita dalam novel Laskar Pelangi ini memiliki gaya bahasa yang baik. Pembaca akan mudah memahami dan menjadikan alur ceritanya lebih menarik. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa diambil berdasarkan cerita pada novel tersebut.

Kekurangan

Ada kelebihan dan ada kekurangan dari novel karangan Andrea Hirata ini. Latar belakang cerita berasal dari daerah terpencil sehingga ada beberapa bahasa yang memang dirasa asing dan tidak dimengerti oleh orang awam. Tetapi kekurangan ini juga bisa menjadi kelebihan karena memperkenalkan bahasa daerah di pelosok Indonesia.

Membaca novel Laskar Pelangi membuka mata kita tentang pentingnya pendidikan bagi siapa saja. Perlunya usaha keras untuk meraih cita-cita dan mewujudkannya. Bagi remaja dan pendidik, novel ini patut untuk dibaca.

Struktur dari Contoh Resensi Buku

1. Judul Resensi

Judul resensi adalah nama yang digunakan sebagai identitas, kepala dan juga kata yang menjelaskan isi atau substansi dari sebuah resensi. Dari contoh resensi buku yang ada, Anda bisa melihat judul resensi yaitu “Laskar Pelangi, Potret Semangat Pendidikan di Pulau Belitung”.

2. Data Buku

Unsur atau struktur kedua yang bisa Anda dapatkan dari contoh resensi buku tersebut adalah data buku. Data disini memuat infromasi penting terkait dengan buku yang bersifat fakta dan bukan opini. Misalnya saja seperti nama pengarang, jumlah halaman, penerbit dan tahun terbit. Contohnya pada bagian:

Judul Buku: Laskar Pelangi

Pengarang: Andrea Hirata

Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta

Tahun Terbit: 2005

Jumlah Halaman: 529 halaman

3. Pembukaan

Pembukaan atau lead merupakan bahasan awal yang ada dalam resensi. Unsur ini sebaiknya dibuat sebaik mungkin agar menarik pembaca. Contohnya ada di paragraf pertama. “Laskar Pelangi merupakan novel fiksi yang dikarang oleh Andrea Hirata. Novel ini bercerita tentang kehidupan dari 10 anak yang ada di Pulau Belitung….”

4. Isi Pertanyaan Resensi

Unsur berikutnya adalah isi resensi. Biasanya terdiri dari sinopsis atau isi buku bisa juga berupa ulasan singkat buku dengan beberapa kutipan. Termasuk juga di dalamnya adalah kekurangan dan kelebihan buku.

Dari contoh resensi buku, Anda bisa melihat apa saja unsur-unsur yang diperlukan di dalamnya. Tujuan dari menulis resensi itu sendiri adalah membantu para pembaca untuk mengetahui isi buku dan gambaran secara garis besar dari buku tersebut.

You May Also Like

x