12 Contoh Paragraf Deduktif

12 Contoh Pragraf Dediktif – Bagian terkecil dalam sebuah paragraf adalah kata. Ketika kata-kata tersebut disusun, maka akan terbentuk menjadi sebuah kalimat. Kemudian paragraf adalah sebuah rangkaian yang berasal dari kalimat-kalimat yang mempunyai gagasan. Letak gagasan pada sebuah paragraf itulah yang akan dibahas di bawah ini disertai dengan contoh paragraf deduktif agar Anda mudah memahami.

Pengertian Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utama atau gagasan utamanya berada di posisi awal paragraf. Pada paragraf ini, selalu diawali dengan pernyataan-pernyataan yang mempunyai sifat umum. Selanjutnya, pernyataan umum tersebut dilengkapi dengan kalimat-kalimat penjelas yang khusus. Penyataan khusus berisi bukti, rincian khususnya, contoh, dan sebagainya.

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut: 

  1. Paragraf pertama memuat ide pokok atau kalimat utama.
  2. Paragraf deduktif mempunyai pola umum ke khusus khusus (umum – khusus – khusus – khusus).
  3. Kalimat utama pada paragraf lebih dijelaskan secara rinci dengan menggunakan kalimat-kalimat penjelas.

Contoh Paragraf Deduktif

1. Contoh Pertama

Fenomena tentang kemacetan menjadi hal yang sudah biasa. Hal itu dapat dapat dijumpai pada kota-kota besar di negara kita, Indonesia. Penyebab dari kemacetan tersebut disebabkan di antaranya karena volume kendaraan yang terus bertambah setiap tahun yang melebihi kapasitas jalanan. Selain itu, para warga yang masih kurang disiplin kepada peraturan juga semakin memperparah kondisi itu.

Pada contoh paragraf deduktif di atas, setelah Anda perhatikan pada kalimat pertama merupakan paragraf utama atau ide pokok yang membahas tentang kemacetan jalanan di Indonesia. Kemudian kalimat-kalimat selanjutnya adalah pendukung dari alasan terjadinya kemacetan. Setelah gagasan utama itulah letak paragraf penjelasnya.

2. Contoh Singkat

Mengantuk adalah salah satu penyebab dari kecelakaan lalu lintas yang masih sering terjadi. Pada tahun 2018, terdapat kasus di jalan tol bahwa 12 orang meninggal dunia. Ketika dalam keadaan mengantuk dan berkendara adalah suatu hal yang sangat berbahaya. Hal itu dapat menyebabkan kecelakaan beruntut akibat mengantuk tidak peduli pada malam ataupun siang hari.

3. Contoh Tentang Pendidikan

Di era modern seperti sekarang, belajar tidak melulu di dalam kelas namun bisa dilakukan secara online. Anda dapat menemukan berbagai situs di internet menawarkan jasa untuk belajar secara online. Jasa les online itu ada yang gratis ataupun berbayar. Belajar secara online dinilai juga memiliki keefektifan waktu dan tempat karena dapat dilakukan dimanapun dan kapan saja.

4. Contoh Tentang Sebab akibat

Narkoba yang penggunaannya disalahgunakan dapat berdampak negatif pada pemakainya. Salah satu dampak yang diakibatkan adalah dapat menyebabkan gangguan mental. Jika penggunanya mengalami gangguan mental, dapat membuatnya terlihat layaknya orangnya gila. Selain itu, narkoba juga dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain serta dapat membuat orang berperilaku aneh.

5. Contoh Ke-5

Pada orang yang cenderung memiliki sifat pendiam, seharusnya tidak dianggap aneh dan tidak dijauhi. Tidak semua orang yang memiliki sifat pendiam ada sesuatu yang yang disembunyikan seperti contohnya ia adalah pengguna narkoba. Jangan sama ratakan sifat pendiam dengan orang yang sombong, teroris, atau bahkan gangguan jiwa. Diamnya adalah karena tidak pintar berbicara.

6. Contoh Ke-6

Komunikasi yang dilaksanakan oleh individu dengan diri sendiri disebut dengan komunikasi intrapersonal. Komunikasi yang dilakukan tersebut dapat berupa introspeksi diri, imajinasi, merenung, berpikir, dan sebagainya. Komunikasi intrapersonal juga penting untuk Anda lakukan. Manfaat dari hal itu adalah agar orang yang melakukannya dapat lebih paham lagi dan mengetahui dirinya sendiri.

7. Contoh ke-7

Orang yang pendiam sebaiknya tidak dijauhi dan dianggap aneh. Tidak semua orang yang memiliki sifat pendiam adalah seorang dengan pemakai narkoba, sombong terhadap orang lain, dan seorang teroris. Orang yang pendiam adalah orang yang tidak pandai bicara dan juga tidak terlalu senang berada pada tempat keramaian. Pendiam bukan berarti menyembunyikan suatu hal yang negatif

8. Contoh Ke-8

Salah satu sastrawan dan juga penyair yang terkenal di Indonesia adalah Chairil Anwar. Sastrawan yang berasal dari Medan ini merupakan bagian dari sastra Indonesia angkatan ’45. Pada masa itu yang juga terkenal adalah Rivai Apin dan Asrul Sani. Puisi yang ditulis oleh Chairil Anwar sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Puisi berjudul Aku adalah salah satu karyanya yang terkenal.

9. Contoh Ke-9

Mendengar kata Padang, kita akan langsung kepikiran makanan khas yang sangat terkenal sampai ke mancanegara, yaitu rendang. Bahan dasar dari makanan ini adalah daging sapi yang dipotong dadu atau kotak. Daging yang sudah dipotong tersebut lalu diberi bumbu yang khas Padang. Setelah bumbu dan daging dicampur menjadi satu, masak sekitar 2 jam dan tunggu hingga kecoklatan.

10. Contoh Ke-10

Para warga Yogyakarta pada khususnya daerah Depok, Sleman sepakat melakukan ronda keliling pada malam hari secara bergantian. Hal itu dikarenakan warga banyak yang mengeluh rumahnya kemalingan. Para warga di daerah itu merasa resah dengan adanya maling. Terlebih lagi, dalam waktu dekat adalah lebaran. Sehingga sangat penting untuk meningkatkan keamanan lingkungan.

Keamanan yang ditingkatkan dengan ronda keliling di malam hari diharapkan dapat mengantisipasi agar kemalingan tidak terulang lagi. Ketika rutin dilaksanakan pada malam hari, maling tersebut tidak akan kembali berulah. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 00.00 s.d. 03.59. Pada waktu-waktu itulah biasanya waktu yang rawan untuk maling melakukan aksinya.

11. Contoh Ke-11

Yogyakarta adalah salah satu kota yang terkenal dan selalu dijadikan sebagai tujuan destinasi para turis lokal dan mancanegara. Kota yang dikenal dengan berbagai julukannya ini mempunyai berbagai wisata pilihan yang dapat dikunjungi mulai dari yang sekitar daerah kota seperti Tugu, Malioboro, dan Nol Kilometer hingga pantai-pantainya. Tidak hanya wisatanya saja, Yogyakarta juga memiliki banyak kuliner yang menjadi ciri khasnya contohnya adalah gudheg, sate klathak dan bakpia.

12. Contoh Ke-12

Pak Bambang memiliki toko kelontong yang menjual berbagai kebutuhan pokok seperti sembako dan sebagainya. Toko miliknya menyediakan beras ataupun mie instan. Pak Bambang juga menjual deterjen dan sabun mandi untuk kebutuhan harian Anda. Bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai juga tersedia di toko kelontong Pak Bambang. 

Contoh paragraf ke-12 di atas diawali dengan kalimat umum berupa kebutuhan pokok sembako. Kemudian kalimat umum yang merupakan gagasan utama tersebut dikembangkan dengan kalimat umum. Kalimat umum dikembangkan dengan penyebutan beras, mie instan, deterjen, dan sebagainya. Paragraf kebutuhan pokok di atas mempunyai pola dari umum ke khusus.

Dari berbagai contoh paragraf deduktif di atas Anda dapat memahami dan mengetahui lebih jelas lagi tentang paragraf deduktif. Anda juga dapat mengetahui bagian mana yang disebut dengan kalimat khusus serta bagian mana yang disebut dengan kalimat penjelasnya. Dapat diambil kesimpulan bahwa paragraf deduktif mempunyai letak gagasan utamanya di bagian awal paragraf.

You May Also Like

x