Teks Prosedur : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Contoh

Setiap orang pastilah pernah mencari beberapa tutorial melakukan sesuatu baik itu pada buku ataupun melalui internet. Tahukah Anda, bahwa penjelasan cara melakukan sesuatu tersebut ditulis dalam format teks prosedur. Ada banyak sekali contoh teks prosedur yang tersedia di hampir semua tempat, apalagi pada tempat umum yang semua isinya menjelaskan bagaimana cara menggunakan sesuatu.

Hadirnya prosedur-prosedur tersebut tentu saja sangat berguna. Apalagi bagi orang-orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan sesuatu yang baru. Namun, dalam pembuatan prosedur-prosedur tersebut haruslah menggunakan bahasa yang jelas dan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti. Dengan demikian prosedur yang dibuat dapat berguna bagi orang banyak.

Pengertian Teks Prosedur

Sama seperti namanya, teks prosedur merupakan sebuah teks yang berisi prosedur-prosedur dalam melakukan sesuatu. Prosedur disini lebih dikenal sebagai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat ataupun melakukan sesuatu. Sebuah teks prosedur akan sangat berguna bagi orang yang ingin membuat sesuatu namun tidak mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

Teks Prosedur

Langkah-langkah yang tertulis pada teks prosedur tentu saja merupakan langkah-langkah yang telah disusun secara berurutan. Langkah-langkah yang berurutan tersebut akan membuat para pembaca menjadi mudah menerapkan langkah-langkah tersebut. Karena sangat dibutuhkan, maka tak heran bahwa teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang paling sering dicari oleh banyak orang.

Setiap poin yang ada dalam teks prosedur tentu saja berhubungan antara poin yang satu dengan poin lainnya. Oleh karena itu, pembaca akan menjadi mudah dalam mengikuti setiap langkah-langkah yang telah diberikan pada teks prosedur.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan utama dari dibuatnya teks prosedur adalah sebagai petunjuk bagi pembaca untuk melakukan berbagai macam hal. Pembaca hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang tersedia pada teks prosedur untuk mencapai tujuannya. Setiap langkah-langkah ditulis saling berhubungan dan juga jelas.

Jika langkah-langkah yang diberikan jelas dan saling bekesinambungan, maka pembaca akan mudah untuk mengikuti. Dengan demikian, tujuan apa saja yang diinginkan pembaca akan tercapai dengan mudah. Ada banyak sekali contoh teks prosedur yang bisa dicari di internet yang dapat digunakan untuk mencapai berbagai tujuan Anda

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur sendiri memiliki ciri yang cukup unik yang membuatnya berbeda dari jenis teks lainnya. Adapun beberapa ciri-ciri teks prosedur yang membedakannya dari jenis teks lainnya antara lain adalah:

1. Menggunakan Pola Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif merupakan jenis kalimat yang selalu diawali dengan kata perintah. Di dalam teks prosedur seringkali Anda menemukan jenis kalimat perintah di hampir semua poin langkah-langkah prosedur. Penggunaan jenis kalimat perintah tersebut bertujuan untuk membuat Anda mengikuti apa yang tertera pada teks prosedur.

2. Selalu Terdapat Kata Kerja Aktif

Kata kerja aktif merupakan kata kerja yang menggambarkan tindakan yang akan dilakukan. Hal ini tentu saja sering digunakan di dalam teks prosedur. Kata kerja aktif tersebut biasanya menggambarkan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk membuat sesuatu atau melakukan sesuatu. Hampir setiap langkah teks prosedur pastilah memiliki kata kerja aktif.

3. Menggunakan Kata Hubung

Teks prosedur dalam penulisannya haruslah berurutan. Hal inilah yang membuat teks prosedur selalu membutuhkan kata hubung khususnya kata hubung yang berhubungan dengan waktu. Beberapa contoh kata hubung yang biasanya digunakan adalah, kemudian, selanjutnya, setelah itu, lalu, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Keterangan

Keterangan digunakan sebagai penjelas dalam setiap langkah-langkah yang ada di dalam teks prosedur. Keterangan tersebut dapat berhubungan dengan waktu ataupun keterangan dalam melakukan sesuatu. Keterangan yang berhubungan dengan waktu dapat berupa berapa lama hal tersebut dapat dilakukan, misalnya lama waktu merebus air.

Kaidah Bahasa pada Teks Prosedur

Ada beberapa kaidah bahasa yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah contoh teks prosedur. Kaidah bahasa yang baik akan membuat teks prosedur yang dibuat menjadi jelas dan informatif bagi para pembaca. Jika teks yang dibuat jelas, maka pembaca akan lebih mudah memahami dan mengikuti setiap langkah-langkah yang diberikan.

Adapun kaidah bahasa yang harus dimiliki oleh teks prosedur antara lain adalah:

1. Menggunakan kalimat imperatif di setiap langkah-langkahnya. Kalimat imperatif tersebut dapat berupa perintah yang harus dilakukan dan bisa juga berupa larangan untuk melakukan sesuatu.

2. Menggunakan kalimat deklaratif sebagai penjelas untuk setiap langkah-langkah yang diberikan. Kalimat deklaratif juga dapat berfungsi sebagai kalimat yang menjelaskan informasi yang dibutuhkan.

3. Menggunakan konjungsi temporal. Konjungsi ini digunakan sebagai kata penghubung yang erat kaitannya dengan waktu. Konjungsi ini biasanya digunakan untuk menghubungkan satu prosedur dengan prosedur lainnya.

4. Menggunakan verba material yang berhubungan dengan perbuatan yang nantinya akan mengacu pada tindakan. Contoh verba material adalah rebuslah air ini.

5. Menggunakan verba tingkah laku yang digunakan untuk mengacu pada tindakan yang dilakukan berdasarkan ungkapan. Contoh verba tingkah laku adalah tunggulah hingga 10 menit.

6. Menggunakan partisipan manusia dengan memposisikan manusia sebagai pelaku yang akan melaksanakan prosedur yang akan dibuat.

7. Prosedur dijelaskan dan dijabarkan dalam bentuk poin-poin. Hal ini bertujuan agar langkah-langkah yang diberikan dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Teks Prosedur

Ada banyak sekali teks prosedur yang bisa Anda temui. Jika kebingungan dalam melakukan sesuatu, Anda hanya tinggal mencari teks prosedurnya saja. Apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua jenis teks prosedur bisa Anda temukan dengan mudah. Berikut ini contoh teks prosedur yang cukup mudah diikuti

Teks Prosedur Cara Memasak Telur Dadar

Teks Prosedur Cara Memasak Telur Dadar

Telur dadar merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan rasanya yang enak dan cara membuatnya yang sangat mudah. Telur dadar merupakan salah satu pilihan menu sederhana yang bisa dibuat jika Anda merasa malas untuk memasak. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur dadar ini pun sangat mudah untuk ditemukan.

Bahan yang Dibutuhkan:

1. 1 butir telur

2. Minyak goreng dengan jumlah dsecukupnya

3, Garam dengan jumlah secukupnya

Cara Membuat:

1. Pecahkan telur, pisahkan dari cangkangnya dan masukkan isinya ke dalam mangkuk bersih 

2. Kemudian, tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera

3. Setelah itu, kocok telur hingga garam tercampur dengan rata

4. Panaskan minyak pada penggorengan

5. Setelah minyak dirasa panas, masukkan telur yang telah dikocok tadi

6. Masak telur hingga semuanya matang, jangan lupa untuk membalik telur agar kedua sisinya matang dengan sempurna

7. Setelah matang, angkat telur dan letakkan pada piring

You May Also Like