Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Buku Siswa Tematik K13 RevisiKunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 subtema 2 Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi Hallo peserta didik sekalian selamat datang di blog kami ini, blog kami ini berisikan tentang kunci jawaban serta tentang pembahasan tentang soal-soal baik itu soal yang berkaitan tentang ulangan akhir semester, ulangan semester ataupun pembahasan mengenai materi pembelajaran. Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban tema 8 kelas 4 Tugas merupakan hal yang wajib di kerjakan oleh peserta didik bila seorang guru memberikannya, hal ini di karenakan tugas merupakan salah satu bagian dari pembelajaran di sekolah di mana tugas di gunakan untuk menjadi tolak ukur dari materi yang telah di sampaikan oleh guru untuk mengetahui sejauh manana peserta didik memahami pelajaran.

Tak hanya itu tuga juga di jadikan sebagai salah satu faktor penentu nilai rapot tentunya setelah di akumulasi seluruh nilai terlebih dahulu, baruhlah di ambil itupun hanya beberapa persen dari keseluruhannya.

Pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk berbagi mengenai Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 ini, hal ini kami lakukan, karena kami menyadari akan pembelajaran saat ini dimana peserta didik belajar dari rumah atau sering di sebut belajar online.

Hal ini biasanya kan memengaruhi bagi peserta didik dalam memahami materi yang di sampai kan oleh guru, untuk itulah kami hadir menjadi solusi bagi peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru. Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Seperti halnya Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 adalah salah satu artikel kami yang kami harap dapat meantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru, kami berharap dengan adanya pembahasan ini Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 dapat memberikan nilai yang memuaskan bagi peserta didik karena hal ini berhubungan dengan nilai yang akan di tampilkan di nilai rapot.

Kami menyedari akan pentingnya Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 yang benar seperti halnya kami bahas ini, kami sangta yakin dengan kunci jawban yang kami buat ini karena kami dalam menjawabnya bukan asal-asalan.

Melainkan kami telah membaca dan memahami materi dari solanya  barulah kemudian kami menjawab soalnya, tak lupa juga kami mencari jawaban dari sumber-sumber lain seperti buku-buku ataupun dari situs-situs.

Hal ini kami lakukan supaya kami dapat membandingkan jawaban yang telah kami buat dengan jawaban orang lain, sehingga kami dapat menyimpulkan jawaban yang paling tepat.

Kunci Jawaban Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Tema 8 Kelas 4

Oleh karena itu kami yakin dengan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 kami buat ini dapat menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru serta kami yakin juga dengan adanya pembahasan ini Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 dapat memberikan nilai yang memuaskan bagi peserta didik sekalian.

Namun walaupun kami yakin dengan pembahasan ini Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 seperti di artikel kami sebelumnya kami tetap menyarankan pesetra didik untuk membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu, hal ini kami sarankan supaya peserta didik terlatih dalam menyelesaikan masalahnya sendiri.

Karena nilai terbaik bukanlah nilai yang besar-besar,  tetapi nilai terbaik adalah nilai yang di peroleh dari usaha sendiri meskipun nilainya tidak begitu besar tetapi itu adalah nilai yang di peroleh dengan usaha sendiri.

Kami berharap dengan begitu peserta didik dapat melatih sikap kerja keras dan bertanggung jawab, diharapkan kedepanya peserta didik mampu menyelesaikan masalah sendiri, tanpa bantuan orang lain.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73

Ayo Berdiskusi

Apa saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? Coba cari tahu berbagai karya tari dan daerah asalnya. Kemudian, tuliskan dalam kolom berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 75

Carilah contoh tari tradisional yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari tradisional beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

1. Tari Tradisional

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari kreasi baru? Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.

Carilah contoh tari kreasi baru yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

2. Tari Kreasi

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 78

1. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali” yaitu Manik Angkeran, Sidhimantra, dan Naga Besukih

2. Pada Pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mempelajari tentang tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Apa yang dimaksud dengan tokoh protagonis? Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Jelaskan!

Tokoh protagonis adalah tokoh yang bersifat baik. Tokoh antagonis adalah tokoh yang bersifat tidak baik.

3. Tuliskan tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

 Tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali” yaitu Manik Angkeran.

4. Tuliskan tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

Tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali” yaitu Sidhimantra dan Naga Besukih.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 79-80

Ayo Menulis

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu. Tulis kembali cerita rakyat dari daerahmu dalam kolom di bawah ini.

Legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari

Jaka Tarub adalah seorang pemuda gagah yang memiliki kesaktian. Ia sering keluar masuk hutan untuk berburu di kawasan gunung keramat. Di gunung tersebut terdapat sebuah danau bernama Toyawening.. Saat berburu, tanpa sengaja, ia melihat dan kemudian mengamati tujuh bidadari yang sedang mandi di danau tersebut.

Karena terpikat, Jaka Tarub mengambil selendang berwarna oranye yang tengah disampirkan milik salah seorang bidadari. Ketika para bidadari selesai mandi, mereka berdandan dan siap kembali ke kahyangan. Salah seorang bidadari bernama Nawangwulan tidak mampu ikut kembali ke kahyangan karena tidak menemukan selendangnya. 

Ia pun akhirnya ditinggal pergi oleh kawan-kawannya karena hari sudah beranjak senja. Jaka Tarub lalu muncul dan berpura-pura menolong. Dewi Nawangwulan pun bersedia ikut pulang ke rumah Jaka Tarub dan singkat cerita, Dewi Nawangwulan menyetujui lamaran Jaka Tarub dan akhirnya menikah.

Dari pernikahan ini lahirlah seorang putri yang dinamai Nawangsih. Sebelum menikah, Nawangwulan mengingatkan pada Jaka Tarub agar tidak sekali-kali menanyakan rahasia kebiasaan dirinya kelak setelah menjadi isteri. Rahasia tersebut adalah bahwa Nawangwulan selalu menanak nasi menggunakan hanya sebutir beras dalam penanak nasi namun menghasilkan nasi yang banyak.

Jaka Tarub yang penasaran tidak menanyakan tetapi langsung membuka tutup penanak nasi. Akibat tindakan ini, kesaktian Nawangwulan hilang. Sejak itu ia menanak nasi seperti umumnya wanita biasa.

Akibat hal ini, persediaan gabah di lumbung menjadi cepat habis. Ketika persediaan gabah tinggal sedikit, Nawangwulan menemukan selendangnya, yang ternyata disembunyikan suaminya di dalam lumbung agar ia tidak bisa kembali ke kahyangan.

Nawangwulan yang marah mengetahui kalau suaminya yang telah mencuri benda tersebut mengancam meninggalkan Jaka Tarub. Jaka Tarub memohon istrinya untuk tidak kembali ke kahyangan. Namun tekad Nawangwulan sudah bulat. Nawangwulan pun terbang menuju kahyangan tempat asalnya.

Hanya saja, pada waktu-waktu tertentu ia rela datang ke bumi untuk menyusui bayi Nawangsih. Hanya saja saat Nawangwulan menemui Nawangsih Jaka Tarub tidak boleh bersama Nawangsih.

Sebutkan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!

Tokoh protagonis dalam legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari adalah Nawangwulan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 81

Ayo Berlatih

Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini. 

Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda:

  1. Gaya dapat menggerakkan benda diam
  2. Gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam
  3. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda
  4. Gaya dapat mengubah arah gerak benda

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 82

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.

  1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.
  2. Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut. Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 83-84

Ayo Renungkan

Apa pengetahuan yang kamu pelajari dari pembelajaran hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang karya tari daerah, tokoh Antagonis dan protagonis, dan pengaruh gaya terhadap gerak benda

Tuliskan dalam kotak di bawah ini. Apa manfaat pembelajaran yang telah kamu lakukan hari ini?Jelaskan!

Manfaat pembelajaran pada hari ini adalah saya dapat mengetahui beberapa karya tari daerah yang ada di Indonesia

Bagaimana perasaanmu selama belajar?

Selama proses pembelajaran saya merasa sangat senang

Kerja Sama dengan Orang Tua

Setiap daerah memiliki tari kreasi tersendiri. Carilah informasi dengan berdiskusi bersama orang tuamu mengenai ragam tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu.

Contoh tari tunggal beserta asal daerahnya:

  • Jawa Barat : tari Jaipong, Tari Topeng Cisalak, Tari Sintren
  • Sumbawa : tari Batek

Contoh tari berpasangan beserta asal daerahnya:

  • Sumatra Utara : tari Serampang Dua Belas
  • Sumatra Barat : tari Payung, Tari Piring

Contoh tari kelompok beserta asal daerahnya:

  • Aceh : tari Saman, Tari Ranup Lampuan
  • Bali : tari Kecak

Itulah artikel kami yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 kami berharap dengan artikel yang telah kam buat ini dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru dengan tepat waktu.

Dan kami berharap dengan artikel yang kami buat ini semogga peserta didik memperoleh nilai yang memuaskan.

Kami menyerankan bagi peserta didik untuk selalu teliti, jika terdapat jawaban kami yang kurang tepat atau salah silahkan peserta didik untuk tidak memili jawaban yang telah kami jawab tapi jawablah jawaban sesuai menurut peserta didik benar dan tepat.

Kami berharap jika peserta didik menemukan jawaban yang salah silahkan peserta didik laporkan kepada kami agar kami bisa memperbaiki hal itu, dan agar orang lain yang menggunakan jawaban ini dapat mendapatkan nilai yang memuaskan.

Dukung kami dengan cara berlangganan di blog ini,  berlanggana itu geratis tak perlu bayar, dan dukung kam juga dengan cara membagikan setiap artikel yang kami buat semogga kita semua mendapatkan amal jariah.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

You May Also Like

x