LENGKAP! Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 11 Bab 8 Halaman 137 dan 138 Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu Halaman 137 dan 138  Edisi Revisi 2018. Hallo temen-temen sekalian, selamat datang di Blog kami, Blog kami ini berisi tentang kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran  mulai dari sekolah dasar SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Baca Juga:

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 8 Berikut ini kami sediakan jawaban alternatif bagi temen-temen sekalian untuk menjawab dan mengerjakan solal pilihan ganda dan esai dengan baik dan benar. kami menjawab jawaban berbagai soal yang kami sediakan ini, bukan asal-asalan, melainkan kami sudah membaca dan memahami soalnya sehingga kami menjawab jawaban dengan baik dan benar.

LENGKAP! Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 11 Bab 8 Halaman 137 dan 138 Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Rangkuman Materi, soal, dan Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu 137 dan 138 adalah isi artikel ini. Isi artikel ini di kutip dari buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) Kelas 11 SMA/SMK/MA edisi revisi 2018. Pembahasan Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu 137 dan 138 Pilihan Ganda, Isian dan Essay tugas dapat di baca di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu 137 dan 138 (Pilihan Ganda)
LENGKAP! Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 11 Bab 8 Halaman 137 dan 138 Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada 

kedua orang tua, kecuali …. 

a. QS. al-An’ām/6: 151

b. Q.S. Luqmān/31: 14

c. Q.S. al-Isrā’/17: 23

d. Q.S. al-Isrā’/17: 24

e. Q.S. al-Isrā’/17: 17

2. Orang tua yang harus dihormati terlebih dahulu adalah …. 

a. nenek

b. kakek

c. ibu

d. bapak

e. paman

3. “Riḍa Allah Swt. ada pada riḍa orang tua, dan murkanya Allah ada pada murka 

orang tua” maksud hadis tersebut adalah …. 

a. kalau ingin mendapatkan riḍa orang tua, harus taat kepada Allah

b. kalau ingin mendapat murka Allah, sayangi orang tua

c. kalau ingin mendapat riḍa Allah, hormati orang tua

d. kalau ingin dicintai Allah, jauhilah orang tua

e. kalau ingin masuk surga, ciumlah kaki ibu

4. Sering seorang siswa membeda-bedakan fungsi antara orang tua dan guru, 

padahal fungsi keduanya hampir sama. Di bawah ini adalah fungsi orang tua 

dan guru yang sama, kecuali… 

a. mendidik dan mengajari

b. membina dan merawat

c. merawat sehingga ia mandiri

d. memberi makan untuk pertumbuhan

e. menjadi tempat mengadu

5. Yang termasuk cara berbakti kepada kedua orang tua dan guru adalah …. 

a. selalu meminta pendapatnya

b. menceritakan keburukannya

c. mendengarkan nasihatnya

d. meminta agar keduanya memberi hadiah

e. meminta agar keduanya selalu membimbingnya

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu 137 dan 138 (Essay)
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1. Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru?

Jawaban: 

Karena mereka adalah orang yang selalu mengajarkan dan membimbing kita hingga kita bias dan kebaikan yang mereka berikan tak terhingga, serta rida orangtua adalah rida Allah. 

2. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang bapak/ayah! Berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa!

Jawaban: 

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548) 

3. Jelaskan pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak!

Jawaban:

  1. Masa depan hancur 
  2. Shalatnya tidak diterima 
  3. Masuk neraka 

4. Jelaskan kedudukan profesi guru dalam Islam!

Jawaban: 

Guru adalah pewaris para nabi, karena guru wahyu atau ilmu para nabi diteruskan kepada umat manusia. Imam Al Ghazali mengkhususkan guru dengan sifat- sifat kesucian, kehormatan dan penempatan guru langsung sesudah kedudukan para nabi.

5. Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru? Jelaskan!

Jawaban: 

Cara menghormati Orang tua: Berbakti dengan melaksanakan nasihat dan perintah yang baik dari keduany, Merawat dengan penuh keikhlasan dan kesabaran apalagi jika keduanya sudah tua dan pikun, Merendahkan diri, kasih sayang, berkata halus dan sopan, serta mendoakan keduanya, Rela berkorban untuk orang tuanya.

Cara menghormati Guru: Menghormati dan memuliakannya, mengikuti nasihatnya, Mengamalkan ilmunya dan membaginya kepada orang lain, Tidak melawan, menipu, dan membuka rahasia guru, Memuliakan keluarga dan sahabat karib guru.

Sekian Evaluasi Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu 137 dan 138 Demikian yang dapat saya bagikan kali ini dan jika terdapat kesalahan dalam menjawab evaluasi bab 8 ini, saya mohon maaf.

Jika artikel ini Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu 137 dan 138  bermanfaat bagi temen-temen sekalian jangan lupa untuk membagikan ke temen-temen lain. Karena berbagi itu indah 🙂 🙂 🙂  Terimakasih sudah berkunjung 

You May Also Like