LENGKAP! Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 11 Bab 6 Halaman 103, 104 dan 105 Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja , Halaman 103, 104 dan 105 Edisi Revisi 2018. 
Hallo temen-temen sekalian, selamat datang di Blog kami, Blog kami ini berisi tentang kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran  mulai dari sekolah dasar SD, SMP, SMA, dan SMK,

Baca Juga:

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6 Berikut ini kami sediakan jawaban alternatif bagi temen-temen sekalian untuk menjawab dan mengerjakan solal pilihan ganda dan esai dengan baik dan benar. kami menjawab jawaban berbagai soal yang kami sediakan ini, bukan asal-asalan, melainkan kami sudah membaca dan memahami soalnya sehingga kami menjawab jawaban dengan baik dan benar.
Rangkuman Materi, soal, dan Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja , Halaman 103, 104 dan 105 adalah isi artikel ini. Isi artikel ini di kutip dari buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) Kelas 12 SMA/SMK/MA edisi revisi 2018. Pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat Pilihan Ganda, Isian dan Essay tugas dapat di baca di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat (Pilihan Ganda)

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapai cita-citanya

2. Suka mengikuti kompetisi yang dilakukan sekolah-sekolah lain

3. Selalu taat kepada Allah, rasul, dan pemimpin

4. Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan

5. Disiplin dan selalu berseragam dengan lengkap setiap hari

Dari pernyataan di atas, yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah ….

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 2 dan 5

e. 3 dan 5

2. Akhir-akhir ini semangat berkompetisi sangat menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan tentang peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tidak mau bagi-bagi pada saat ujian.Yang harus dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S. al-Māidah/5:48 

adalah .…

a. belajar dengan sungguh-sungguh agar ia menjadi juara kelas

b. bekerja keras agar apa yang diinginkan dapat tercapai

c. berkompetisi secara sehat, tidak curang dan tidak menyontek

d. berkolaborasi agar sama-sama mendapatkan nilai memuaskan

e. menaati semua aturan yang ada di sekolah dan kelas

3. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan karena masing�masing menganggap paling benar pendapatnya, yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut, kecuali ….

a. menghormati perbedaan pendapat orang lain

b. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut

c. mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’ān dan hadis

d. melakukan terobosan baru dengan berijtihad 

e. tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang

4. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada Q.S. an-Nisā/4:59 adalah ….

a. mengikuti meskipun salah

b. memeranginya dengan cara yang keras

c. melakukan demo untuk menentangnya

d. menolaknya dengan cara yang halus

e. membiarkan dan masa bodoh saja

5. Perhatikan penyataan berikut ini!

1. Mempersaudarakan rakyatnya seperti saudara kandung 

2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana 

3. Bekerja keras dengan cara yang baik dan halal

4. Menyelesaikan tugas sampai tuntas 

5. Kelompok-kelompok yang berbeda tidak perlu diperangi, tetapi didekati 

Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja adalah ….

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 1 dan 5

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat (Essay)

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1. Mengapa manusia perlu aturan?

Jawaban : 

Ya, aturan sangat diperlukan dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya peraturan dapat mencegah manusia bertindak seenaknya diluar batas wajar, seperti yang disebutkan Thomas Hobbes dalam karyanya De Cive “Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya” . Maksudnya sejatinya manusia akan saling menyakiti satu sama lain bila menurutnya itu perlu dilakukan. Untuk itulah manusia memerlukan aturan agar dapat menghindari hal tersebut. Dan dengan adanya aturan dapat menciptakan kehidupan yang tertib dan teratur.

2. Apa jadinya kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan?

Jawaban :

Kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan, maka hidup manusia di dunia akan kacau. Ketimpangan atara hak dan kewajiban manusia akan terjadi yang berdampak pada kembalinya pada hukum rimba, makhluk yang kuat akan menguasai makhluk yang lemah. Kahidupan tidak akan berjalan dengan baik karena manusia bebas berbuat seenaknya.

3. Bagaimana pendapatmu jika ada pemimpin yang membuat kebijakan tetapi ia sendiri tidak menjalankan?

Jawaban :

Jika ada pemimpin yang membuat kebijakan tetapi ia sendiri tidak menjalankannya, itu tidak pantas disebut sebagai seorang pemimpin dan artinya ia tidak memiliki prinsip, pegangan, istiqamah, bahkan tidak konsisten. Ia berhat mendapat hukuman atau sanksi atas pelanggarannya.

4. Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi?

Jawaban :

Berkompetensi itu untuk meningkatkan kemajuan dan meningkatkan kemampuan. Dengan berkompetensinya manusia tentu akan mendapat hasil yang lebih baik nantinya diantara manusia itu sendiri. Berkolaborasi itu menciptakan sesuatu yang baru. Sebab kalau manusia tidak berkompetensi dan berkolaborasi maka kehudupan akan begitu – begitu saja tanpa ada perkembsngan.

5. Mengapa kita dianjurkan untuk saling menasihati antarsesama?

Jawaban :

Manusia dianjurkan untuk saling menasehati antar sesama karena terkadang manusia masih belum mampu mengambil keputusan sendiri. Manusia sebagai makhluk sosila masih membutuhkan manusia lainnya untuk membantu dia menjalani kehidupan. Terkadang, sikap manusia yang labil juga butuh ubtk dinasehati agar dia mampu bersikap tenang dan selayaknya manusia biasa.

Menasehati juga biasanya dilakukan oleh seorang yang telah memiliki banyak pengalaman kehidupan agar orang yang dinasehati dapat menjalankan kehidupannya dengan baik. Diharapkan orang tersebut tidak akan mengalami kegagalan yang sama seperti apa yang sudah dialami orang yang menasehati tersebut. Seperti dalam Q.S Al – Maidah ayat 2

Sekian  Evaluasi Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat Demikian yang dapat saya bagikan kali ini dan jika terdapat kesalahan dalam menjawab evaluasi bab 6 ini, saya mohon maaf. .
Jika artikel ini Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 6  Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat bermanfaat bagi temen-temen sekalian jangan lupa untuk membagikan ke temen-temen lain. Karena berbagi itu indah 🙂 🙂 🙂  Terimakasih sudah berkunjung 

You May Also Like

x