LENGKAP! Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 11 Bab 10 Halaman 180 dan 181 Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181 Edisi Revisi 2018. Hallo temen-temen sekalian, selamat datang di Blog kami, Blog kami ini berisi tentang kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran  mulai dari sekolah dasar SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Baca Juga:

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 10 Berikut ini kami sediakan jawaban alternatif bagi temen-temen sekalian untuk menjawab dan mengerjakan solal pilihan ganda dan esai dengan baik dan benar. kami menjawab jawaban berbagai soal yang kami sediakan ini, bukan asal-asalan, melainkan kami sudah membaca dan memahami soalnya sehingga kami menjawab jawaban dengan baik dan benar.

LENGKAP! Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 11 Bab 10 Halaman 180 dan 181 Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Rangkuman Materi, soal, dan Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181  adalah isi artikel ini. Isi artikel ini di kutip dari buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) Kelas 11 SMA/SMK/MA edisi revisi 2018. Pembahasan Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181  Pilihan Ganda, Isian dan Essay tugas dapat di baca di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181(Pilihan Ganda)
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke -18 adalah .…

a. tidak adanya misi Islam 

b. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam

c. kekuatan Islam yang makin meningkat

d. kekuatan Eropa sudah mulai melemah

e. lemahnya umat Islam dalam beribadah 

2. Gerakan wahabi dipelopori oleh ….

a. Al-Tahtawi

b. Rasyid Ridha

c. Syah waliyullah

d. Muhammad ali Pasya

e. Jamaludin Al-Afgani

3. Jamaludin Al-Afgani adalah tokoh pembaharu dari negara ….

a. Pakistan

b. Afganistan

c. Turkistan

d. Turki

e. Arab Saudi

4. “Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus 

bermusyawarah dengan ulama dan intelektual.” Gagasan ini dimunculkan oleh 

….

a. Al-Tahtawi

b. Rasyid Ridha

c. Syah Waliyullah

d. Muhammad Ali Pasya

e. Jamaludin Al-Afgani

5. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Hal 

ini dikemukakan oleh …

a. Al-Tahtawi

b. Rasyid Ridha

c. Syah Waliyullah

d. Muhammad Abduh

e. Jamaludin Al-Afgani

Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181 (Essay)

B. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!

1. Alasan bangsa eropa menjajah negara Islam adalah gospel yaitu menyebarkan agama nasrani. Selain itu, menurut bangsa eropa Islam adalah terorisme, tidak heran jika umat Islam menjadi korban. Padahal pada surah Al-Maidah ayat 2 dijelaskan bahwa jika membunuh orang yang tiak bersalah sama dengan membunuh seluruh umat manusia.

2. Pembaharuan yang dikemukakan Jamaludin Al-Afgani :

a. Kemunduran umat Islam tidak disebabkan karena Islam tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan perubahan kondisi. Kemunduran itu disebabkan oleh berbagai faktor.

b. Untuk mengembalikan keayaan pada masa lalu dan sekaligus menghadapi dunia modern, umat Islam harus kembali pada ajaran Islam yang murni dan Islam harus dipahami dengan akal serta kebebasan.

c. Corak pemerintahan otokrasi dan absolut harus diganti dengan pemerintahan demokratis. Kepala negara harus bermusyawarah dengan pemuka masyarakat yang berpengalaman.

d.Tidak ada pemisahan  antara agama dan politik. Pan Islamisme atau rasa solidaritas antar umat Islam harus dihidupkan kembali.

3.      Usaha-usaha Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan Islam India di bidang IPTEK :

Tahun 1876 ia mendirikan sekolah Inggris di Muradabad. Tahun 1879 ia mendirikan sekolah Muhammedan Anglo Oriental Collage (MAOC) di Algarh yang merupakan karyanya yang bersejarah dan berpengaruh dalam cita-citanya memajukan umat Islam India.

4.      Hikmah memperlajari perkembangan Islam masa modern :

a.Sejarah tersebut dapat memberikan ide

b.Menjadikan kreatifitas yang tinggi untuk mengadakan perubahan-perubahan agar Islam lebih maju.

c.Masalah-masalah terdahulu bisa dijadikan pelajaran

d. Pembaharuan dapat dilakukan dalam berbagai bidang.

5.      Peristiwa perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern :

Rifa’ah Badawi at-Tahtawi

Lahir di Tahta Tahub 1801, pemikirannya tentang ajaran Islam adalah antara lain menyeru kepada umat Islam agar hidup di dunia tidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja, tetapi harus juga memikirkan kehidupan dunia agar umat Islam tidak dijajah oleh bangsa lain.

 

Sekian Evaluasi Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181 Demikian yang dapat saya bagikan kali ini dan jika terdapat kesalahan dalam menjawab evaluasi bab 10 ini, saya mohon maaf.

Jika artikel ini Kunci Jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 11 Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Halaman 180 dan 181 bermanfaat bagi temen-temen sekalian jangan lupa untuk membagikan ke temen-temen lain. Karena berbagi itu indah 🙂 🙂 🙂  Terimakasih sudah berkunjung  

You May Also Like